Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan magnitudo 4,4 yang mengguncang Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Gempa tersebut terjadi pada Rabu (6/3) sekitar jam 21.22 WIB atau 22.22 WITA, seperti dikutip dari akun resmi X @infoBMKG.

Pusat gempa tersebut berada di titik koordinat 0.41LS, 124.35BT atau 96 kilometer Tenggara dari Kecamatan Bolaang Uki, Kabupaten Bolsel, dengan kedalaman 10 kilometer.
 
Informasi yang sama menyatakan bahwa data yang disampaikan mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data.

BMKG belum melaporkan secara rinci terkait dengan pemicu dan dampak yang ditimbulkan gempa tersebut terhadap masyarakat.

Untuk itu, masyarakat diimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh resmi dilaporkan oleh BMKG.

Baca juga: BMKG: Waspada peningkatan curah hujan di sebagian wilayah RI
Baca juga: PVMBG rekam sebanyak 27 kali gempa embusan Karangetang-Sulut

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024