Pontianak (ANTARA News) - Ratusan pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) memadati halaman Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kota Pontianak, Kamis, untuk mengambil nomor tes CPNS tahun 2013.

Kepala Bidang Mutasi dan Pengadaan Pegawai BKD Kota Pontianak Johardi mengatakan, mengatakan, jumlah pelamar CPNS 2013 sebanyak 2.779 orang yang terdiri dari 2.497 orang pelamar umum, dan 282 honorer.

"Untuk tahun ini kami masih menggunakan sistem Lembar Jawaban Komputer (LJK), kemungkinan tahun depan sudah menggunakan sistem online," ungkapnya.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah siap melaksanakan tes CPNS, dan persiapan ini sudah dapat dilihat pada saat pengambilan nomor tes peserta.

"Kami menurunkan sebanyak 42 petugas dan Satpol PP Kota Pontianak dalam melayani peserta yang akan mengambil nomor tes, yang dimulai 10 - 11 Oktober, sementara tesnya diselenggarakan tanggal 3 November 2013," ungkapnya.

Diyarti (27) salah seorang pelamar yang mengambil nomor tes CPNS mengatakan, dalam pengambilan nomor tidak terlalu sulit, cukup

menunjukkan KTP dan registrasi kemudian selesai, atau paling lama 2 menit sudah selesai.

"Setelah mengambil nomor tes, saya akan belajar pelan-pelan," kata Diryati yang merupakan lulusan Manajemen Universitas STIE Pontianak.

Menurut dia, tes tahun Ini sudah yang ketiga kalinya dirinya mencoba mengikuti tes CPNS, mudah-mudahan

kali ini berhasil," harapnya sambil tersenyum.

Sebelumnya, Kepala BKD Kota Pontianak Zumiyati menyatakan, tahun ini Pemkot Pontianak mendapat kuota penerimaan CPNS dari pusat, yakni hanya 50 orang, dengan rincian 20 orang tenaga medis, 20 orang guru dan 10 tenaga administrasi.

Data BKD Kota Pontianak, mencatat pengumuman penerimaan lamaran CPNS dari 9-23 September, penerimaan berkas lamaran 13-28 September, pengumuman calon peserta yang berhak mengikuti ujian atau tes seleksi tes CPNS tanggal 1 Oktober, pengambilan nomor tes calon peserta ujian 10-17 Oktober, pelaksanaan tes kompetensi dasar CPNS tanggal 3 Nopember, dan penyampaian hasil ujian ke pusat 3-5 November.

"Pelamar CPNS tidak perlu datang sendiri ke BKD untuk menyampaikan surat lamaran, tetapi cukup melalui kantor pos," ungkap Zumiyati.

Dalam kesempatan itu, Zumiyati mengimbau masyarakat tidak perlu repot untuk membuat kartu kuning untuk melamar CPNS, karena Pemkot Pontianak tidak mensyaratkan kartu kuning.

Pewarta: Andilala
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013