Beijing (ANTARA) - Bank Rakyat China (PBOC) akan bergerak untuk mempromosikan keterbukaan keuangan pada tingkat yang tinggi, kata Gubernur PBOC Pan Gongsheng pada Rabu (6/3).

Bank sentral China itu akan bekerja sama dengan regulator-regulator keuangan lainnya dalam penyempurnaan lingkungan kebijakan China, yang bertujuan menarik lebih banyak lembaga keuangan yang didanai asing serta modal jangka panjang untuk berbisnis di China.

PBOC juga bakal mendukung lembaga-lembaga keuangan China untuk memperluas bisnis mereka di luar negeri, urai Pan dalam sebuah konferensi pers yang digelar di sela-sela sesi badan legislatif nasional yang sedang berlangsung.

PBOC akan menarik lebih banyak investasi di pasar keuangan China, mendukung perusahaan-perusahaan China yang berkualitas agar melantai di bursa saham (going public) dan menerbitkan surat obligasi di luar negeri, serta mendorong sovereign wealth fund, lembaga keuangan, dan bisnis lainnya di China untuk berinvestasi di luar negeri, imbuh Pan.

Pan menjanjikan upaya lebih lanjut untuk memfasilitasi perdagangan, investasi, dan pembiayaan lintas perbatasan serta mendorong internasionalisasi RMB.

Bank sentral China itu tetap bersikap tegas dalam mempertahankan status Hong Kong sebagai pusat keuangan internasional serta mendukung Shanghai dalam membangun diri sebagai pusat keuangan internasional dan memperluas keterbukaan keuangan tingkat tingginya, tutur Pan.

PBOC akan berupaya menyempurnakan layanan pembayaran dan memastikan keamanan finansial sembari memperdalam keterbukaan keuangan.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024