"Alhamdulilah 12 wilayah sudah selesai, tinggal tersisa Kabupaten Banjar yang rencananya dilanjutkan malam ini,"
Banjarmasin (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (KPU Kalsel) telah menuntaskan rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 tingkat provinsi untuk 12 wilayah kabupaten dan kota hingga Kamis petang.

"Alhamdulilah 12 wilayah sudah selesai, tinggal tersisa Kabupaten Banjar yang rencananya dilanjutkan malam ini," kata Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa di Banjarmasin, Kamis.

Tenri menyebut jalannya rapat pleno terbuka selama dua hari ini berlangsung lancar tanpa ada kendala berarti.

Bahkan suasananya begitu cair lantaran para peserta rapat termasuk saksi dari partai politik peserta pemilu menunjukkan sikap santun.

"Jadi meskipun ada misalnya sanggahan atau penolakan atas hasil penghitungan disampaikan dengan cara santun sehingga situasinya aman dan sejuk," ucapnya.

Terhadap penolakan yang dilakukan saksi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 dan 03, KPU Kalsel memasukkannya dalam form kejadian khusus.
 
Suasana rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilu 2024 tingkat provinsi yang dilaksanakan KPU Kalsel. (ANTARA/Firman)


Tenri pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran rapat pleno, sehingga dapat berjalan sesuai jadwal yang direncanakan berlangsung selama tiga hari namun berpotensi bisa dipercepat menjadi hanya dua hari saja.

Diketahui setelah selesai tahapan berjenjang di tingkat provinsi, maka selanjutnya KPU Kalsel menyampaikan laporannya ke KPU RI untuk rekapitulasi perolehan suara pemilu calon presiden dan calon wakil presiden, DPR RI dan DPD RI.

Pewarta: Firman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024