Kita masih nunggu launching dari Jakarta dulu, kalau tidak salah direncanakan 15 Maret, kita baru bisa melaksanakan setelah itu
Banda Aceh, Aceh (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh menyiapkan uang tunai sebesar Rp3-4 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang masyarakat di daerah Serambi Mekkah itu selama Bulan Suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Deputi Kepala Bank Indonesia Aceh Prabu Dewanto di Banda Aceh, Kamis, mengatakan sama seperti sebelumnya, kebutuhan uang saat Ramadhan dan Idul Fitri akan menunjukkan peningkatan.

"Persediaan uang tidak jauh dari tahun kemarin, antara Rp3-4 triliun, masih kita siapkan sekitar itu," katanya.

Menurut Prabu, saat ini pihaknya masih melakukan penghitungan terhadap kebutuhan uang tunai tersebut. Pihaknya juga menunggu distribusi uangnya dari kantor pusat Bank Indonesia di Jakarta untuk beberapa periode ke depan.

"Kita masih nunggu launching dari Jakarta dulu, kalau tidak salah direncanakan 15 Maret, kita baru bisa melaksanakan setelah itu," ujarnya.

Ia menambahkan penukaran uang nantinya akan digelar dalam program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi). Konsep akan sama dengan tahun sebelumnya, dengan melibatkan perbankan.

"Kegiatan nanti tidak hanya penukaran uang, ada juga kegiatan percepatan QRIS, serta UMKM juga bisa ikut, jadi sambil penukaran uang, bisa ikuti kegiatan lain," ujar Prabu.

Baca juga: Bank Indonesia minta Aceh perkuat peran RIRU untuk menggaet investasi
Baca juga: BI: Kemandirian fiskal penting bagi kemajuan ekonomi Aceh
Baca juga: Bank Indonesia proyeksikan ekonomi Aceh tumbuh 4,78 persen pada 2024

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024