Jakarta (ANTARA) - Pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) bersama Panitia Perayaan Nyepi Nasional 2024 melakukan audiensi dengan Menteri Sekretaris Negara (Menseneg) Pratikno didampingi oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, di Kantor Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Jakarta, Kamis.

"Kehadiran kami ke sini ingin menyampaikan beberapa rangkaian acara perayaan Nyepi Tahun Caka 1946/ 2024 Masehi. Untuk lengkapnya akan disampaikan langsung oleh ketua panitia," kata Ketua Pengurus Harian (PH) PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Wisnu kemudian menyampaikan rangkaian acara perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1946/ 2024 Masehi. Dia berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat hadir pada perayaan puncak rangkaian Hari Suci Nyepi.

"Kami berharap Bapak Presiden berkenan hadir pada acara Dharma Santi Nasional tanggal 25 April," ucapnya.

Pratikno merespons positif kegiatan tahunan terbesar umat Hindu itu dengan menyatakan siap mendukung dan mengkoordinasikan apa yang menjadi harapan dari panitia Perayaan Nyepi Nasional PHDI Pusat pada kesempatan tersebut.

"Terkait dengan acara tersebut, saya sudah barang tentu sangat mengapresiasi dan mendukung. Terkait dengan harapan panitia, saya sudah catat dan nanti saya akan bantu koordinasikan," ujar Pratikno.

Sementara itu, Ketua Panitia Perayaan Nyepi Nasional Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia menyampaikan rangkaian acara, salah satunya pada 10 Maret 2024. Adapun pada 2-3 Maret lalu dia menyebut pihaknya telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan seperti Makerti Ayuning Segara dan Melasti.

“Kemudian di tanggal 10 Maret ini, kami akan melaksanakan Tawur Agung di Prambanan, dan beberapa kegiatan lainnya seperti penanaman pohon, diskusi kajian Candi Prambanan, baksos (bakti sosial) dan pengobatan gratis, Saka Yoga Festival di Candi Kedulan, donor darah, dengan puncak perayaan Nyepi yaitu Simakrama Nasional atau Dharma Shanti Nasional di Jakarta,” kata dia.

Adapun Sekretaris Umum (Sekum) PHDI Pusat I Ketut Budiasa menyampaikan rencana kegiatan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum resmi ditempati dan digunakan, pembangunan Pura IKN, serta melaporkan bahwa PHDI Pusat bersama Ormas Hindu Nasional ikut serta menjaga dan mensukseskan gelaran Pemilu 2024.

Turut hadir dalam audiensi tersebut, di antaranya Sekretaris Panitia Dharma Shanti Nasional Mangku Astono Candra Dana; Wakil Ketua Panitia Dharma Shanti Nasional Gede Narayana; dan panitia lainnya.
Baca juga: Parisada Hindu Dharma Indonesia gelar doa bersama pemilu damai 
Baca juga: PHDI ajak umat Hindu sambut Pemilu 2019 dengan gembira
Baca juga: Presiden terima pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024