Jakarta (ANTARA) - Pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) melaporkan persiapan perayaan Nyepi Nasional 2024 ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno di Jakarta, Kamis.

"Kami menyampaikan beberapa rangkaian acara perayaan Nyepi Tahun Caka 1946/ 2024 masehi. Salah satunya berharap Bapak Presiden Jokowi berkenan hadir pada acara Dharma Santi Nasional tanggal 25 April 2024," kata Ketua Pengurus Harian PHDI Pusat Wisnu Bawa Tenaya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Baca juga: PHDI dan Panitia Perayaan Nyepi Nasional audiensi dengan Mensesneg

Ketua Panitia Perayaan Nyepi Nasional Brigjen TNI Ketut Gede Wetan Pastia menjelaskan sejumlah agenda acara, di antaranya Makerti Ayuning Segara dan Melasti pada tanggal 2 dan 3 Maret 2024.

Kemudian tanggal 10 Maret, akan dilaksanakan Tawur Agung di Prambanan, dan beberapa kegiatan lainnya seperti penanaman pohon, diskusi kajian candi Prambanan, bakti sosial dan pengobatan gratis, Saka Yoga Festival di Candi Kedulan, donor darah, dengan puncak perayaan Nyepi yaitu Simakrama Nasional atau Dharma Shanti Nasional di Jakarta.

Baca juga: Kawasan Bromo ditutup total saat Hari Raya Nyepi 22 Maret 2023

Sementara itu, Mensesneg Pratikno merespon positif kegiatan tahunan terbesar dari umat Hindu itu. Dia pun menyampaikan siap mendukung dan mengordinasikan harapan dari panitia Perayaan Nyepi Nasional PHDI Pusat.

"Terkait dengan harapan panitia, saya sudah catat dan nanti saya akan bantu koordinasikan," ujarnya.

Baca juga: Dharma Santi Nasional Umat Hindu digelar di Kompleks Parlemen

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Umum PHDI I Ketut Budiasan turut menyampaikan rencana kegiatan di Ibu Kota Nusantara (IKN) sebelum resmi ditempati dan digunakan dan melaporkan perkembangan pembangunan Pura IKN.

Pewarta: Fauzi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024