KA Brantas Tambahan akan beroperasi dari tanggal 31 Maret 2024 – 21 April 2024
Madiun (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun menyediakan KA tambahan lebaran yang berangkat dari wilayah daop setempat pada masa angkutan Lebaran 2024.

Manajer Humas KAI Daop 7 Madiun Kuswardojo mengatakan KA tambahan lebaran yang disediakan untuk area Daop 7 Madiun tersebut adalah KA Brantas Tambahan yang melayani kelas bisnis dan ekonomi untuk relasi Blitar–Pasarsenen. Untuk kelas bisnis terdapat kapasitas 256 tempat duduk dan 318 tempat duduk kelas ekonomi.

"KA Brantas Tambahan akan beroperasi dari tanggal 31 Maret 2024 – 21 April 2024," ujar Kuswardojo di Madiun, Jawa Timur, Kamis.

Menurut dia, secara nasional KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Lebaran 2024.

"Khusus di Daop Madiun, disediakan KA Brantas Tambahan. Terhitung mulai tanggal 6 Maret, KAI telah membuka pemesanan tiket KA tambahan lebaran yang dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan daring resmi lainnya," kata dia.

Baca juga: KAI Madiun berangkatkan 58.293 penumpang pada 21-27 Desember

Baca juga: KAI Daop 7 sediakan layanan pengenalan wajah di Stasiun Madiun


Sedangkan loket di stasiun hanya untuk melayani penjualan tiket "Go Show" mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Pihaknya menegaskan hadirnya KA Tambahan tersebut menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa lebaran, serta mewujudkan komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Ia menambahkan masyarakat juga dapat memanfaatkan Ka tambahan lebaran yang melintas di Daop 7 Madiun. Adapun, perjalanan KA tambahan yang melintasi Daop 7 Madiun di masa angkutan Lebaran 2024 di antaranya KA Gajayana Tambahan relasi Malang-Gambir PP, KA Pasundan Tambahan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong PP.

Kemudian, KA Malioboro Ekspres relasi Malang Purwokerto PP, KA Sancaka Tambahan relasi Yogyakarta – Surabaya Gubeng, yang singgah di Stasiun Madiun, Nganjuk, Kertosono, Kediri, Tulungagung dan Jombang.

Selain itu, Kemenhub RI tahun ini juga membuka layanan angkutan mudik motor gratis (motis) lintas selatan dari Daop 7 Madiun dengan relasi Madiun – Kiaracondong - Jakarta Gudang.

"Masyarakat sudah dapat melakukan pendaftaran untuk mengikuti program Motis 2024 mulai 4 Maret hingga 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id," katanya.

Baca juga: KAI Daop Madiun siap hadapi angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024

Baca juga: Daop Madiun sebut ada lima KA tambahan untuk Natal dan Tahun Baru


 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024