Majalengka (ANTARA) -
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mencanangkan pembangunan jalur kereta cepat Bandung-Surabaya bisa terhubung dengan Bandara Kertajati, sehingga akses menuju lokasi itu lebih mudah dijangkau masyarakat.
 
“Bocoran sedikit, kami telah meminta kepada Bapak Presiden Jokowi supaya kereta cepat Bandung-Surabaya itu dilanjutkan. Terutama supaya lewat Kertajati,” kata Bey saat mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara peresmian salah satu sarana olahraga di Majalengka, Jawa Barat, Jumat.
 
Ia menjelaskan rencana ini merupakan salah satu cara meningkatkan jumlah penumpang yang melakukan penerbangan di Bandara Kertajati, karena potensi pasarnya sangat tinggi khususnya pada kota/kabupaten di Jawa Barat maupun provinsi lainnya.
 
Oleh sebab itu, Bey mendorong usulan ini mendapatkan persetujuan dari Presiden Jokowi agar aktivitas penerbangan di bandara internasional terbesar di Jawa Barat tersebut semakin ramai.
 
“Mudah-mudahan Bapak Presiden mengabulkan (jalur kereta cepat Bandung-Surabaya dilanjutkan),” ujarnya.
 
Selain itu, ia juga mengajak Kementerian BUMN berkolaborasi untuk mempromosikan Bandara Kertajati supaya lebih banyak masyarakat yang tertarik bepergian melalui fasilitas penerbangan tersebut.
 
Bey menyebut kolaborasi ini bisa diterapkan, dengan mengangkat sektor pariwisata maupun mengadakan ajang bertaraf internasional di Bandara Kertajati.
 
“Kami sangat menyambut baik, juga tadi saya bicara dengan Pak Erick. Mohon dibantu untuk Kertajati. Jadi mungkin Kertajati akan dikembangkan jadi aerowisata seperti itu,” tutur Bey.
 
Dalam kesempatan yang sama, ia menambahkan pihaknya menjamin kemudahan para investor untuk menanamkan modal di Majalengka. Termasuk dalam pengembangan Bandara Kertajati.
 
Bey optimis ke depannya kondisi ekonomi di Majalengka bisa tumbuh secara positif, yang dibarengi dengan meningkatnya jumlah penumpang di Bandara Kertajati.
 
“Majalengka akan terus berkembang, jadi kepada investor silakan menanamkan modalnya di Majalengka supaya lebih ramai,” ucap dia.

Baca juga: Kereta cepat Whoosh telah layani 2 juta penumpang
Baca juga: KCIC-Dishub Jabar kolaborasi hadirkan bus listrik di Stasiun Tegalluar
Baca juga: PSN kereta cepat membuka wilayah dan menggairahkan pasar properti

 

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024