Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari mengatakan cabang panjat tebing yang meloloskan dua orang atlet berpeluang besar menyabet medali emas dalam ajang Olimpiade Paris 2024.

"Dua atlet dari speed climbing, insyaallah dua-duanya ini dari nomor laki-laki maupun perempuan berpeluang besar mendapatkan emas di Olimpiade Paris 2024," kata Oktohari dalam sambutannya pada acara Rapat Anggota dan Kongres Luar Biasa KOI 2024 di Jakarta, Jumat.

Dua atlet panjat tebing yang akan tampil dalam kompetisi olahraga tertinggi dunia yaitu Desak Maderita Kusuma Dewi yang meraih medali emas di nomor women's speed kejuaraan dunia panjat tebing IFSC di Bern, Swiss, pada Agustus 2023.

Baca juga: Desak Made Rita memanjat ke Olimpiade 2024 Paris

Selain itu, Rahmad Adi Mulyono yang meraih medali emas di kejuaraan panjat tebing IFSC di Jakarta pada November 2023.

Ia mengatakan, prestasi yang ditorehkan kedua atlet tersebut menjadi modal penting dalam membangun optimisme untuk meraih medali emas pada Olimpiade Paris 2024.

Lebih lanjut, Oktohari mengatakan, Olimpiade Paris 2024 menjadi kompetisi yang menarik bagi Indonesia karena bisa meloloskan atlet dari berbagai cabang olahraga.

Baca juga: KONI Pusat harap panjat tebing jadi kontributor medali di Olimpiade

"Kalau biasanya potensial itu hanya dari badminton, sekarang banyak cabang olahraga yang berpeluang mendapat banyak emas untuk sejarah keikutsertaan Indonesia dalam Olimpiade," katanya.

KOI mencatat, sejauh ini sudah tujuh atlet dari lima cabang olahraga yang telah mengantongi tiket lolos ke Olimpiade Paris 2024, sedangkan, cabang lainnya masih berjuang meloloskan atlet melalui berbagai kompetisi yang masuk dalam kualifikasi Olimpiade.

Selain dua atlet panjat tebing, lima atlet lainnya yaitu Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa/Riau Egha Agatha Salsabila dan cabang panahan, Rifda Irfanaluthfi dari cabang senam artistik, Fathur Gustafian dari cabang menembak, serta Rio Wanda dari cabang selancar.

Baca juga: Menpora apresiasi capaian tiket olimpiade panjat tebing
Baca juga: Panjat tebing Indonesia targetkan dua emas dari Olimpiade 2024 Paris

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024