Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) memproyeksikan sebanyak enam atlet panjat tebing Indonesia akan lolos untuk ikut berkompetisi dalam ajang Olimpiade Paris 2024.

"Proyeksi kami untuk atlet panjat tebing yang lolos ke Olimpiade karena berpeluang besar dalam proses kualifikasi yang masih berlangsung," kata Sekjen Pengurus Pusat FPTI Florenciano Hendricus Mutter ketika dikonfirmasi melalui sambungan telpon di Jakarta, Senin.

Saat ini, dua atlet telah mengantongi tiket Olimpiade Paris 2024 yaitu panjat tebing putra Rahmad Adi Mulyono dan atlet panjat tebing putri Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Florenciano mengatakan, masih ada dua kejuaraan untuk kualifikasi di China dan Amerika Serikat yang akan diikuti para atlet sehingga jumlah yang lolos berpeluang bertambah sekitar empat orang.

"Untuk nomor speed kemungkinan besar ada dua atlet lagi yang lolos dan untuk nomor combine juga ada dua atlet," katanya.

Baca juga: KOI: Panjat tebing berpeluang besar sabet emas pada olimpiade

Florenciano mengatakan, belum dapat dipastikan siapa saja atlet yang lolos karena akan diketahui melalui hasil pertandingan dalam kejuaraan kualifikasi yang diikuti.

Atlet panjat tebing pada nomor speed, kata dia, memiliki peringat yang cukup bagus sehingga selain berpeluang lolos juga bisa diharapkan menyabet medali dalam Olimpiade Paris.

Sementara nomor combine, kata dia, berpeluang lolos ke Olimpiade namun tidak diberikan target medali, mengingat secara peringkat masih di bawah atlet-atlet dari negara lain.

Florenciano mengatakan, dua atlet yang sudah mengantongi tiket Olimpiade Paris bersama atlet lainnya yang akan menjalani kualifikasi saat ini terus menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Bekasi, Jawa Barat.

"Pelatnas ini bahkan sudah dimulai sejak 2020 sampai hari ini sehingga persiapan bisa lebih matang," ujarnya.

Selain dua atlet panjat tebing, sejumlah atlet dari cabang olahraga lain sudah dipastikan lolos untuk berkompetisi dalam Olimpiade Paris yakni atlet panahan putra Arif Dwi Pangestu, panahan putri Diananda Choirunisa, atlet senam artistik Rifda Irfanaluthfi, atlet menembak putra Fathur Gustafian, dan peselancar putra Indonesia Rio Waida.

Baca juga: Rahmat Adi akan maksimalkan IFSC World Cup sebelum turun di Olimpiade
Baca juga: Menpora komitmen dukung FPTI untuk regenerasi atlet

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024