Tangerang (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang, Banten bersama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) meluncurkan Pojok Baca Digital (Pocadi) di Alun-Alun Pinang.

Kepala DPAD Kota Tangerang Engkos Zarkasyi di Tangerang, Jumat, mengatakan Pojok Baca Digital merupakan terobosan terbaru untuk meningkatkan cakupan literasi secara digital yang tersebar di ruang publik Kota Tangerang.

Pojok Baca Digital juga menyediakan banyak fasilitas literasi yang bisa dimanfaatkan secara gratis, mulai dari komputer hingga tablet akses buku digital.

“Pojok Baca Digital merupakan program kolaborasi untuk memudahkan fasilitas literasi, khususnya perpustakaan di ruang publik. Bentuknya sendiri, kami menyediakan bangunan yang diisi oleh fasilitas dari Perpustakaan Nasional secara langsung, berupa empat komputer dan lima tablet untuk akses buku digital,” kata dia.

Baca juga: Pemkab Bangka sediakan ruang pojok baca digital 

Pojok Baca Digital tersebut juga dilengkapi beberapa fasilitas pelengkap untuk meningkatkan kenyamanan para pengunjung, di antaranya karpet yang nyaman sampai dengan sistem jaringan internet berperforma tinggi yang bisa dimanfaatkan oleh semua masyarakat, khususnya untuk pemanfaatan aktivitas literasi.

“Lewat terobosan ini, kami menilai Pojok Baca Digital akan mendorong transformasi digital untuk menciptakan ekosistem literasi dan perpustakaan yang mudah dijangkau oleh masyarakat luas,” ujarnya.

Pojok Baca Digital sudah bisa diakses secara gratis mulai saat ini, sedangkan nantinya Pojok Baca Digital di Alun-Alun Pinang, Kota Tangerang tersebut beroperasi setiap Senin-Sabtu pada pukul 10.00-16.00 WIB.

Baca juga: Pojok Baca Digital hadir di Mal Pelayanan Publik Siola Surabaya
Baca juga: Perpusnas mendukung peningkatan minat baca di Mandalika
Baca juga: Pemprov Sumsel hadirkan pojok baca digital di Bandara SMB II Palembang

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024