Sungailiat (ANTARA) -

Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan layanan ruang pojok baca digital atau pocadi di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

"Ruang pojok baca digital disiapkan untuk masyarakat memperoleh tambahan wawasan dengan membaca buku atau informasi lain sambil menunggu pengurusan dokumen kependudukan," kata Penjabat Bupati Bangka M Haris di Sungailiat, Senin.

Menurut dia, ke depan, ruang pocadi juga akan dibuka di mal pelayanan publik (MPP), di mana sejumlah layanan perizinan terpusat di MPP yang akan diresmikan pada April 2024 mendatang.

Baca juga: Bangka Barat-Perpusnas siapkan pojok baca digital di pelabuhan

"Saya minta masyarakat dapat memanfaatkan sarana di ruang pojok baca digital dengan baik sehingga menambah wawasan pengetahuan," kata M Haris.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Mina menambahkan, dipilihnya kantor Dinas Dukcapil sebagai ruang baca digital karena kantor tersebut setiap hari memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga: Pojok Baca Digital hadir di Mal Pelayanan Publik Siola Surabaya

"Fasilitas yang tersedia di ruang pojok baca digital seperti buku dengan ratusan judul, perangkat komputer, jaringan internet, dan perangkat lain bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah," kata dia.

Ruang pojok baca digital disediakan guna memudahkan akses informasi baik buku maupun digital, meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik berupa tempat rekreasi untuk mengisi waktu menunggu antrean dengan membaca.

Baca juga: Perpusnas dan Ombudsman resmikan layanan pojok baca digital

"Hal penting yang lain, pojok baca digital itu untuk memperluas layanan perpustakaan agar dapat dinikmati di pusat-pusat kegiatan masyarakat," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023