Sungailiat (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan sebanyak 1.500 Al Quran ke sejumlah lembaga pendidikan Islam maupun majelis taklim di daerah itu.

"Sebanyak 1.500 Al Quran yang kami salurkan tersebut merupakan bantuan dari Badan Wakaf Al Quran (BWA) untuk Bangka Belitung yang mencapai total 5.000 Al Quran," kata Penjabat Bupati Bangka M Haris di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan bantuan Al Quran tahun ini dari lembaga itu merupakan bantuan yang kedua kali karena pada tahun 2019 juga dilakukan kegiatan serupa.

Baca juga: Pj Gubernur Babel serahkan 1.500 Al Quran di Ponpes Bangka

"Kita dukung penuh program bantuan Al Quran sebagai upaya membumikan Al Quran untuk menjaga dan menguatkan akidah umat Islam," ujar M Haris.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Bangka mendukung kegiatan pendidikan Al Quran baik yang dikembangkan oleh lembaga pendidikan pondok pesantren maupun pendidikan Al Quran di majelis taklim.

Sebelumnya Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal mengatakan 5.000 Al Quran yang diterima Pemerintah Provinsi Bangka Belitung akan disalurkan kembali ke kabupaten dengan jumlah yang disesuaikan.

Baca juga: TP PKK Jakbar sumbang 513 Al Quran untuk BAZNAS BAZIS setempat

"Pendistribusian Al Quran ke daerah seperti Kabupaten Bangka Barat, Bangka Tengah, dan Bangka Selatan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan safari Ramadhan," katanya.

Menurut dia, Al Quran yang disalurkan itu agar benar-benar digunakan untuk kepentingan kehidupan. Al Quran tidak hanya sekadar dibaca tetapi juga harus dimaknai semua isinya dan diamalkan.

Baca juga: Kemenag salurkan 34 ribu Mushaf Al Quran dan Yasin ke-34 provinsi

"Kita berharap Bangka Belitung setiap tahun memperoleh bantuan Al Quran supaya masyarakat Muslim merata mendapatkannya," kata dia.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024