Sungailiat (ANTARA) -



Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meminta seluruh warga agar menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah banjir pada musim hujan.

"Memasuki musim hujan dengan intensitas relatif tinggi, saya ingatkan warga yang berada di daerah rawan banjir terutama saluran drainase agar benar-benar memastikan bersih dari tumpukan sampah," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Bangka Ismir Rahmaddinianto di Sungailiat, Minggu.

Dia mengatakan warga berperan penting menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing dengan memperkuat kegiatan gotong royong.

Baca juga: Cegah banjir dari sampah, warga Kudus-Jateng diminta bersihkan sungai

Menurut dia, sampah yang terkumpul dapat dipisahkan sesuai spesifikasinya. Untuk sampah organik dapat diolah menjadi pupuk organik, sedangkan sampah dari jenis bahan lain yang memiliki nilai ekonomi dapat didaur ulang.

"Sampah yang tidak dapat dimanfaatkan hendaknya langsung dibuang di tempat yang kami sediakan atau langsung ke tempat pembuangan akhir," katanya.

Baca juga: Babel tingkatkan koordinasi cegah banjir pada musim hujan

Ismir juga meminta camat dan lurah agar memanfaatkan kendaraan operasional angkutan sampah yang sebelumnya sudah dibagikan di masing-masing kecamatan untuk digunakan sesuai peruntukannya.

"Kepala lingkungan atau lurah dapat saling berkoordinasi memanfaatkan kendaraan tersebut sehingga tidak ada tumpukan sampah di wilayah lingkungan," kata dia.

Baca juga: Wali Kota Jayapura minta warga peduli lingkungan untuk cegah banjir

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka sebelumnya juga sudah melakukan pemangkasan sejumlah pohon di pinggir jalan untuk menciptakan lingkungan kota yang rapi dan sekaligus mencegah pohon tumbang saat musim hujan.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023