Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengingatkan kepada seluruh pihak terkait (stakeholder) untuk menjadikan enam Piala Adipura sebagai acuan untuk terus menjaga lingkungan.
 
"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menorehkan sejarah dalam perolehan Piala Adipura untuk seluruh kota dan kabupaten administrasi di DKI Jakarta. Torehan prestasi tersebut agar menjadi parameter untuk terus meningkatkan upaya dalam menjaga lingkungan," kata Heru di Jakarta, Jumat.
 
Heru menyebutkan, Adipura ini menjadi salah satu prestasi yang harus dijaga melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup, para wali kota dan bupati agar bisa menjaga apa yang telah diraih.
 
Selain itu, Heru mengatakan Kota Administrasi Jakarta Utara dan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang pada 2022 hanya mendapatkan Sertifikat Adipura, pada 2023 meningkat menjadi Piala Adipura. 

Baca juga: Bupati libatkan wisatawan dan warga jaga kebersihan Kepulauan Seribu

Heru pun mengapresiasi upaya seluruh pihak yang telah bekerja keras sehingga menorehkan peningkatan prestasi.
 
"Sekarang meningkat (Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu) kini mendapat Piala Adipura. Sekali lagi seluruh wali kota, bupati dan seluruh masyarakat se-DKI saya ucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasinya," ujar Heru.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan, penilaian Adipura dilakukan bukan hanya melihat secara fisik, namun juga melalui data dan informasi. Termasuk data dan operasional fasilitas pengelolaan sampah di wilayah yang dipantau.
 
Selain itu, penilaian Adipura saat ini juga dilakukan melalui penggunaan citra satelit dan aerial survei seperti penggunaan drone.
 
"Prestasi ini didapat melalui peran serta dan kerja sama berbagai pihak, seperti unsur masyarakat, perangkat daerah dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi DKI Jakarta, serta instansi terkait," kata Asep.

Baca juga: Seluruh kota dan kabupaten di DKI raih Adipura
 
Penilaian Adipura secara fisik dilakukan di 20 lokasi dengan 124 komponen dan 268 sub-komponen penilaian.

Lima kota administrasi di DKI Jakarta meraih Adipura kategori Kota Metropolitan, yaitu Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

Sedangkan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu meraih penghargaan Adipura kategori Kota Kecil.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024