di April sudah mulai panen raya, sekarang harga sudah mulai berangsur stabil
Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa dalam satu hingga dua bulan ke depan harga pangan di tengah masyarakat dapat stabil.
 
"Perkiraan harga-harga pangan akan mulai stabil satu sampai dua bulan ke depan. Karena di April sudah mulai panen raya, sekarang harga sudah mulai berangsur stabil juga," ujar Zulkifli Hasan di Lampung Selatan, Jumat.
 
Ia mengatakan fluktuasi harga pangan yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir ini akibat mundurnya masa panen berbagai komoditas sehubungan fenomena iklim El Nino yang terjadi pada tahun lalu.
 
"Harga pangan di pasar sudah mulai turun, harga-harga ini mahal karena ada perubahan iklim dimana Januari harusnya panen ternyata mundur di April-Mei karena fenomena iklim El Nino di September sampai Desember tahun lalu," katanya.
 
Dia menjelaskan akibat hal tersebut maka produksi komoditas pangan banyak yang berkurang dan tidak bisa memenuhi kebutuhan, sehingga mengakibatkan fluktuasi harga.
 
"Karena El Nino produksi kurang, panen bergeser dan harga naik turun. Seperti beras dan jagung contohnya pasokan berkurang karena belum panen raya, meski sudah mulai turun sedikit demi sedikit," ucap dia.
 
Menurut dia, dengan segera datangnya musim panen raya berbagai komoditas salah satunya padi di April mendatang diharapkan dapat menjaga kembali stabilitas harga pangan.
 
"Beras ini sudah turun harganya tapi hanya sedikit, namun diharapkan panen raya ini bisa kembali stabil harga-harga. Kalau beras ingin yang harganya terjangkau ada beras SPHP dari Bulog," tambahnya.
 
Ia mengatakan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024 ini diharapkan semua kebutuhan konsumsi masyarakat dapat terus terjaga.
 
"Saat Natal dan tahun baru kemarin kita bisa mengatasi ini dengan sukses. Semoga menjelang Ramadhan serta Idul Fitri kali ini bisa diatasi gejolak harga pangan agar stabil," ujar dia lagi.


Baca juga: ID FOOD sebut kenaikan harga telur diatasi dengan pasar murah
Baca juga: Pasar murah di Bantul sasar kecamatan dengan kemiskinan tinggi
Baca juga: Pemprov DKI rutin cek stok dan harga pangan untuk kendalikan inflasi

 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024