Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia mengaku kecewa karena tidak bisa tampil maksimal pada sesi latihan bebas MotoGP Qatar yang digelar di Sirkuit Internasional Lusail, Jumat (8/3).

Bagnaia hanya mampu finis di urutan kesepuluh dengan catatan waktu lap terbaik 1 menit 53,22 detik. Jorge Martin yang mengendarai mesin Desmosedici GP Pramac Racing mencatatkan putaran tercepat pada sesi tersebut.

“Ini jelas bukan hari yang saya harapkan. Perasaan saya di atas motor kurang baik, tapi ini baru hari pertama,” kata Bagnaia, dikutip dari keterangan resmi Ducati, Sabtu.

Pada sesi latihan bebas kedua, hujan mengguyur sirkuit dan membuat para pembalap harus beradaptasi lagi untuk berpacu di atas trek basah. Marc Marquez (Gresini Racing) menjadi yang tercepat pada sesi tersebut, sementara Bagnaia berada di posisi ke-12.

“Kami juga menjalani sesi basah pertama kami dengan motor baru dan jelas ada pekerjaan yang harus dilakukan dengan kondisi trek seperti ini. Kami memiliki potensi dan kami tahu kami bisa menjadi kuat di trek ini, jadi, tidak ada tekanan,” kata Bagnaia.

“Jadwal mendatang akan cukup padat, tapi, jika semuanya berjalan sesuai ekspektasi maka kami bisa tampil cepat dan kompetitif,” ujar pembalap yang akrab disapa Pecco tersebut menambahkan.

Baca juga: Jorge Martin pimpin sesi latihan bebas pertama MotoGP Qatar

Di sisi lain, rekan satu timnya Enea Bastianini finis lebih baik dari Pecco dengan P7 pada sesi pertama dan kedua.

Sependapat dengan Pecco, sesi latihan di Qatar berlangsung tidak biasa dengan hujan yang turun tiba-tiba. Namun, Bastianini mengaku cukup senang karena mampu menyelesaikan dua sesi di posisi ketujuh.

“Saya merasa cukup baik di kedua kondisi trek. Kami tentunya harus membuat beberapa langkah maju di kondisi trek basah, tapi, kami melakukannya dengan baik di kondisi kering,” kata Bastianini.

“Kami kuat dalam hal time attack, tapi kami masih perlu meningkatkan kecepatan kami. Saya yakin yang lain akan menyusul besok, jadi kami perlu mengambil langkah lain,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, hari ini para pembalap akan kembali ke trek dan melakoni sesi latihan terakhir MotoGP Qatar pada pukul 17.40 WIB. Setelah itu, mereka akan mengikuti kualifikasi dan Sprint yang masing-masing bergulir pada pukul 18.40 WIB dan 23.00 WIB.

Baca juga: Statistik MotoGP Qatar 2024 di Lusail
Baca juga: Bagnaia hingga Marquez optimistis hadapi MotoGP Qatar


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024