Washington (ANTARA News) - Pemimpin mayoritas Senat dari Demokrat Harry Reid mengatakan dia berbincang sepanjang hari Minggu dengan pemimpin Republik di Senat Mitch McConnell untuk bersepakat mengakhiri penghentian operasi pemerintah (shutdown) dan memperpanjang otoritas utang AS, lapor Reuters.

Berbicara di Senat, Reid membantah tuduhan Republik bahwa Demokrat berusaha menambah pagu belanja dari ketentuan anggaran 2011, seraya menambahkan bahwa Demokrat bersedia mendukung level plafon utang sampai 15 November.

Namun mengenai perluasan belanja pemerintah, Demokrat telah menegaskan bahwa pada beberapa bidang, anggaran belanja bisa dipangkas.

"Kami berbincang-bincang hari ini," kata Reid mengenai diskusinya dengan McConnell. "Saya yakin Republik akan mengizinkan pemerintahan dibuka kembali dan memperluas kemampuan negara ini untuk membayar tagihan-tagihannya.

"Saya akan melakukan apa saja yang saya bisa seharian ini untuk menuntaskan soal tersebut.  Adalah penting kita melakukan ini. Kita harus melakukan ini. Hipokrit sekali tidak membayar tagihan-tagihan kita."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013