Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dengan Malang, Jawa Timur mengalami erupsi tiga kali dengan letusan setinggi hingga 1 kilometer pada Sabtu.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Liswanto dalam laporan tertulisnya menyebutkan bahwa telah terjadi erupsi Gunung Semeru pada 9 Maret 2024 pukul 08.28 WIB, pukul 07.06 WIB, dan pukul 06.23 WIB.   

"Pada pukul 08.29 WIB tercatat tinggi kolom letusan teramati sekitar 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 4.676 meter di atas permukaan laut," katanya.

Menurutnya kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah timur laut dan saat laporan itu dibuat, erupsi masih berlangsung.

Sebelumnya pada pukul 07.06 WIB juga terjadi erupsi Semeru dengan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 700 meter di atas puncak atau 4.376 meter di atas permukaan laut.  

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah utara dan saat laporan itu dibuat, erupsi masih berlangsung.

Erupsi sebelumnya juga terjadi pada pukul 06.23 WIB dengan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 800 meter di atas puncak atau sekitar 4.476 meter di atas permukaan laut.  

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang ke arah barat.

Gunung Semeru masih berstatus Siaga atau Level III, sehingga PVMBG memberikan rekomendasi bahwa masyarakat dilarang melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).  

Di luar jarak tersebut, masyarakat diminta tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Kemudian masyarakat tidak boleh beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).

Masyarakat juga diimbau mewaspadai potensi awan panas, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat, serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Baca juga: Gunung Semeru meletus, lontarkan abu vulkanik setinggi 1 km

Baca juga: Gunung Semeru erupsi dengan letusan setinggi 800 meter

Baca juga: Gunung Semeru meletus lagi, luncurkan abu setinggi 800 meter

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024