Selain penerbangan baik dari dan menuju Bali, Bandara Juanda pada 11 Maret tetap beroperasi normal sesuai dengan jadwal atau slot penerbangan
Sidoarjo (ANTARA) -
Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, tetap beroperasi selama Hari Suci Nyepi/Tahun Baru Caka 1946/2024 Masehi dengan catatan untuk rute menuju Bali tidak beroperasi sementara selama satu hari pada Senin 11 Maret.
 
"Hal tersebut karena Bandara I Gusti Ngurah Rai berhenti beroperasi sementara untuk menghormati pelaksanaan ibadah Hari Raya Nyepi yang dilaksanakan umat Hindu di Bali," kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar di Sidoarjo, Sabtu.
 
Ia mengatakan pemberitahuan ini telah disosialisasikan baik oleh pihak Kantor Pusat PT Angkasa Pura I maupun manajemen Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai-Bali kepada seluruh pengelola bandara, maskapai maupun pemangku kepentingan lainnya.
 
Ia mengatakan, menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946/2024 Masehi, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai-Bali melakukan penghentian sementara operasional bandara selama 24 jam, yang akan dimulai pada Senin, 11 Maret 2024 pukul 06.00 Wita hingga Selasa 12 Maret 2024 pukul 06.00 Wita yang tertuang dalam dokumen Notice to Airmen (NOTAMN) Nomor: A0044/24 NOTAMN.
 
Sisyani Jaffar menjelaskan bahwa untuk penerbangan lainnya tetap berjalan normal.

Baca juga: Bandara Internasional Juanda tambah jam operasional menjadi 19 jam

Baca juga: Penumpang Bandara Juanda meningkat saat libur panjang
 
"Selain penerbangan baik dari dan menuju Bali, Bandara Internasional Juanda pada tanggal 11 Maret tetap beroperasi normal sesuai dengan jadwal atau slot penerbangan," katanya.
 
Sisyani mengatakan bahwa jika dilihat dari rata-rata harian khusus untuk penerbangan dari dan menuju Bali melalui Bandara Juanda yang terdampak karena penghentian sementara operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai adalah sebanyak 26 penerbangan.
 
"Rinciannya adalah 13 rute kedatangan dari Bali dan 13 rute keberangkatan menuju Bali dengan maskapai Lion Air, Citilink, Airasia, Garuda Indoesia dan Super Air Jet dengan rata-rata jumlah harian penumpang 3,9 ribu penumpang," katanya.
 
Sisyani menambahkan bahwa penerbangan akan kembali normal pada esok harinya atau Selasa tanggal 12 Maret 2024.
 
"Bandara I Gusti Ngurah Rai kembali menerima penerbangan pada hari Selasa mulai pukul 06.00 Wita," ujarnya.

Baca juga: Bandara Juanda tambah 5 rute penerbangan di tahun 2024

Baca juga: Bandara Juanda layani 14 juta penumpang selama 2023

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024