Sudah terjual sekitar 800 tiket untuk berbagai tujuan seperti Balikpapan, Parepare, Makassar, Pantoloan, Baubau, Maumere dan Larantuka
Tanjung Selor, Kaltara (ANTARA) -
PT Pelni (Persero) Cabang Nunukan menyiapkan kurang lebih 1.900 tiket penumpang mudik Lebaran 2024 yang sudah dapat dipesan secara daring.
 
“Sudah terjual sekitar 800 tiket untuk berbagai tujuan seperti Balikpapan, Parepare, Makassar, Pantoloan, Baubau, Maumere dan Larantuka,” kata Kepala Kantor Cabang PT Pelni Nunukan Junarto di Nunukan, Kalimantan Utara, Sabtu.
 
Dia mengatakan terjadi peningkatan permintaan tiket sejak H-30 Lebaran. Namun, pihak Pelni memastikan bahwa jumlah tiket masih tersedia relatif cukup banyak.
 
“Bahkan kemungkinan ada penambahan sekitar 52 persen dari total okupansi yang tersedia,” ujarnya.
 
Ia menegaskan harga tiket tetap stabil sesuai kebijakan Kementerian Perhubungan dan saat ini menjual tiket untuk dua kapal, yaitu KM Bukit Siguntang dan KM Lambelu.

Baca juga: PAL pastikan kapal PELNI prima melayani kebutuhan logistik Ramadhan

Baca juga: Pelni Medan imbau penumpang kapal saling jaga demi cegah insiden
 
Untuk mengurangi risiko lonjakan penumpang dan antrian panjang di loket, Junarto mengimbau masyarakat membeli tiket lebih awal. Pelni juga menyediakan opsi pembelian tiket melalui aplikasi PelniMobile yang tersedia di Play Store.
 
Beberapa penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari mengungkapkan kekhawatiran mereka akan kehabisan tiket, terutama karena sistem penjualan yang kini dilakukan secara daring.
 
Agus, salah satu calon penumpang, telah membeli tiket mudik lebaran bersama keluarga dengan jadwal keberangkatan 31 Maret 2024 tujuan Pantoloan.
 
“Kami memilih untuk membeli tiket lebih awal supaya bisa merayakan lebaran di kampung halaman,” ungkapnya.
 
Mariam, penumpang lainnya, juga memilih untuk membeli tiket mudiknya lebih awal.
 
“Dengan sistem penjualan tiket 'online', lebih baik membeli lebih awal daripada kehabisan,” tuturnya.
 
PT Pelni berharap dengan persiapan yang matang, perjalanan mudik lebaran tahun ini lancar dan nyaman bagi seluruh penumpang.

Baca juga: Pelni Baubau lakukan perawatan rutin tiga kapal persiapan Lebaran

Baca juga: Pelni layani 30 trayek kapal perintis di 18 wilayah pada 2024

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024