Jakarta (ANTARA) -
Toko aplikasi Epic Games Store kembali hadir untuk perangkat iOS di pasar Eropa, di mana hal seperti itu dimungkinkan berkat peraturan "Digital Markets Act" (DMA) yang berlaku di kawasan tersebut, menurut Phone Arena, Jumat (8/3).

Diketahui, DMA memaksa Apple untuk mengizinkan pengguna iPhone di Uni Eropa untuk mengunduh aplikasi dari toko aplikasi pihak ketiga.

Namun pada Rabu (6/3), raksasa teknologi tersebut menutup akun pengembang Epic Games di Uni Eropa yang mencegah perusahaan tersebut menawarkan Epic Games Store ke pengguna iPhone di 27 negara Uni Eropa.


Baca juga: Apple "blacklist" Fortnite dari App Store sampai banding berakhir

Baca juga: Apple diperintahkan mengendurkan aturan pembayaran di App Store


Epic Games menyalahkan tindakan tersebut karena keinginan Apple untuk membalas dendam setelah CEO pengembang gim video tersebut, Tim Sweeney, mengkritik Apple atas sebagian biaya yang akan dipungutnya di Uni Eropa.

Apple mengatakan bahwa mereka mempunyai hak untuk menghentikan akun pengembang UE Epic karena keputusan pengadilan sebelumnya yang menunjukkan "pelanggaran berat terhadap kewajiban kontrak" Epic.

Rabu lalu, Apple mengatakan, "Mengingat perilaku Epic di masa lalu dan saat ini, Apple memilih untuk menggunakan hak tersebut."

Namun selama dua hari terakhir, Apple dan Epic duduk untuk berbicara dan Epic meyakinkan Apple bahwa mereka tidak akan melanggar aturan seperti yang terjadi empat tahun lalu.

Pada 2020, Epic menyelipkan halaman ke Fortnite versi iOS yang memungkinkan pengguna membeli mata uang game VBucks langsung dari Epic alih-alih melalui App Store seperti yang ditentukan oleh aturan Apple.

Karena hal ini akan memungkinkan Epic untuk tidak membayar Apple potongan 30 persen dari pembelian dalam aplikasi, Epic langsung menjual mata uang gim-nya dengan harga lebih rendah dari harga yang tercantum di App Store.

Apple secara resmi telah berubah pikiran hari ini dan dalam pembaruan unggahan blog-nya yang dipublikasikan pada Rabu (6/3) melalui 9to5Mac, Epic Games menulis, "Apple telah memberi tahu mereka dan berkomitmen kepada Komisi Eropa bahwa mereka akan memulihkan akun pengembang Epic.

Ini mengirimkan sinyal yang kuat kepada para pengembang bahwa Komisi Eropa akan bertindak cepat untuk menegakkan Undang-Undang Pasar Digital dan meminta pertanggungjawaban penjaga gerbang. Kami bergerak maju sesuai rencana untuk meluncurkan Epic Games Store dan membawa Fortnite kembali ke iOS di Eropa.

Baca juga: Apple diizinkan blokir Fortnite di App Store
 

Penerjemah: Abdu Faisal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024