Irian Creative Week merupakan salah satu dari lima top event di daerah tersebut.
Jayapura (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jayapura, Papua mengagendakan 50 festival yang akan dilaksanakan selama 2024, salah satunya ialah Irian Creative Week (ICW).

Kepala Dispar Kota Jayapura Matias Mano, di Jayapura, Sabtu, mengatakan pihaknya telah mengeluarkan kalender tahunan selama 2024 dengan Irian Creative Week merupakan salah satu dari lima top event di daerah tersebut.

"Kemudian event top kedua adalah Festival Port Numbay yang akan dilaksanakan pada April 2024 setelah Hari Raya Idul Fitri yang mengusung tema 'Eksplore Kampung' yang berlangsung di Kampung Yoka," ujarnya pula.

Dia menjelaskan, untuk ajang ketiga yang menjadi salah satu dari lima top event ialah Festival Kopi yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua yang akan berlangsung pada Agustus 2024 dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI.

"Kemudian Festival Numbay Kreatif dilaksanakan pada September 2024, dan top event yang kelima adalah Papua Reage Festival di Oktober 2024," katanya lagi.

Dia menambahkan pelaksanaan Irian Creative Week 2024 menyasar pelajar SD hingga SMA/SMK di Kota Jayapura dengan tujuan serupa agar peserta didik bisa menyalurkan bakat serta menjaring kreativitas di masing-masing sekolah.

"Di mana ada lomba Tarian Yospan yang diikuti sebanyak 22 grup dari 22 sekolah, limbah dance diikuti 13 grup dari 13 sekolah, Irian Hair and Fashion Style sebanyak 14 peserta," ujarnya lagi.

Kemudian, kata dia, lomba band diikuti 10 grup dari 10 sekolah, lomba mewarnai sebanyak 30 peserta dari jenjang PAUD se-Kota Jayapura, dan lomba menggambar sebanyak 30 peserta perwakilan SD se-Kota Jayapura.
Baca juga: Dispar Jayapura: Irian Creative Week digabungkan pekan QRIS nasional
Baca juga: Pemkot Jayapura: Irian Creative Week ajang meningkatkan ekonomi warga

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024