Taipei, (ANTARA/PRNewswire) - Dipimpin Dr. Cheng-Chih Wu, Chairperson, Foundation for International Cooperation in Higher Education of Taiwan (FICHET), delegasi Taiwan mengikuti konferensi Asia-Pacific Association for International Education (APAIE) 2024 di Perth, Australia, pada 4-8 Maret. Delegasi ini mencakup 64 perwakilan yang berasal dari 29 Lembaga Pendidikan Tinggi. Tema yang diangkat Paviliun Pameran "Study in Taiwan" di APAIE tahun ini adalah "Taiwan, the Technology Hub", memperlihatkan keunggulan sektor pendidikan Taiwan dalam bidang semikonduktor, ekonomi sirkular, bioteknologi, layanan medis, serta kecerdasan buatan.

Menurut Dr. Wu, APAIE pertama kali digelar pada 20 tahun lalu, maka konferensi tahunan ini telah memasuki tahun ke-17. Dengan mengusung tema "Collaborating for sustainable impact: partnerships across the Asia Pacific", lebih dari 2.500 delegasi dari berbagai negara mengikuti ajang tersebut. Wu juga menjelaskan peran FICHET dalam membina kerja sama akademik antara lembaga pendidikan tinggi asal Taiwan dan luar negeri. Dia pun membahas inisiatif Kementerian Pendidikan Taiwan (MOE) dalam pengembangan SDM dalam beberapa tahun terakhir, khususnya bagi negara-negara yang tergabung dalam "New Southbound Policy" Taiwan, melalui sejumlah program khusus dan pertukaran mahasiswa internasional.

Chief Representative, Taiwan, untuk Australia, Douglas Yu-tien Hsu, bersama sejumlah pejabat Taipei Economic and Cultural Office (TECO) di Australia, mengunjungi paviliun pameran "Study in Taiwan" di APAIE pada 5 Maret pagi hari, serta berdiskusi dengan perwakilan universitas. Hsu juga menggelar jamuan malam di restoran ala Taiwan, Formosa Garden, sebagai bentuk apresiasi atas upaya delegasi Taiwan memajukan kerja sama pendidikan internasional.

Di sisi lain, pada 6 Maret malam hari, FICHET mengadakan ajang "Taiwan Night" di DoubleTree by Hilton Perth Waterfront, sebagai sesi berjejaring untuk membina kolaborasi akademik internasional. Ajang ini mempertemukan para perwakilan universitas Taiwan di APAIE dan delegasi universitas di Asia Pasifik, Eropa, dan Amerika Utara. Dalam sambutannya, Dr. Wu mendorong sekitar 100 perwakilan ini agar mempererat kerja sama.

Diadakan TECO Australia, para perwakilan FICHET dan lima universitas Taiwan berkunjung ke University of Western Australia (UWA) yang tercantum dalam jajaran 100 universitas terbaik dunia, dalam rangka "Taiwan-UWA Collaboration and Exchanges Meeting" pada 7 Maret. Diskusi yang diadakan membahas sejumlah topik seperti teknologi, ilmu teknik, teknologi kesehatan, biofarmasi, dan teknologi finansial. Diskusi ini juga menjadi cikal bakal kerja sama akademik dan riset mendatang.

SOURCE Foundation for International Cooperation in Higher Education of Taiwan (FICHET)


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024