Tujuh kader maju pencalonan ketua Partai Demokrat Jateng

Semarang (ANTARA News) - Sebanyak tujuh kader maju pada pencalonan ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Tengah setelah mendaftar secara resmi di kantor sekretariat DPD di Jalan Setiabudi Nomor 57 Semarang.

"Dari tujuh calon yang telah resmi mendaftar, ada dua calon yang merupakan pengurus DPD Partai Demokrat Jateng yakni Atyoso Mochtar dan Ika Putri Angojoyo yang belum menyerahkan surat keterangan dukungan dari minimal empat dewan pimpinan cabang," kata petugas Sekretariat DPD Partai Demokrat Jateng Sih Winantu di Semarang, Senin.

Lima calon ketua DPD Partai Demokrat Jateng yang telah mengembalikan berkas pendaftaran dan melengkapi sejumlah persyaratan adalah Prajoko Haryanto, Alamsyah Satyanegara alias Yoyok Sukawi, Dani Sriyanto, Amat Antono, dan Mundir Afif.

Berdasarkan data yang ada di kantor sekretariat DPD Partai Demokrat Jateng, Prajoko Haryanto didukung oleh tujuh DPC, Yoyok Sukawi didukung 27 DPC, Dani Sriyanto didukung tiga DPC dan satu organisasi sayap, Amat Antono didukung empat DPC.

Yoyok Sukawi yang ditemui usai menyerahkan berkas pendaftaran dan dukungan di kantor sekretariat DPD Partai Demokrat Jateng, Senin (14/10), mengaku siap mengikuti semua tahapan yang telah ditentukan oleh DPP Partai Demokrat.

"Visi misi saya adalah ingin memperbaiki citra Partai Demokrat menjadi lebih baik, mendisiplinkan anggota organisasi, dan mengedepankan kaderisasi di partai," ujar Ketua Komisi E DPRD Jateng itu.

Mengenai adanya beberapa DPC Partai Demokrat di Jateng yang memberikan dukungan ke beberapa calon, Yoyok menjelaskan bahwa hal itu akan diseleksi oleh DPP Partai Demokrat pada tahapan verifikasi.

"Saya menyerahkan sepenuhnya kepada pengurus DPP yang melakukan verifikasi terhadap sejumlah pendaftar calon ketua DPD Partai Demokrat Jateng," kata anak mantan Wali Kota Semarang Sukawi Sutarip itu.

Sebelumnya, Sekretaris DPD Partai Demokrat Jateng Dani Sriyanto memastikan bahwa musda akan digelar dalam waktu dekat setelah menerima instruksi dari jajaran dewan pengurus pusat di Jakarta.

"Musda DPD Partai Demokrat Jateng yang belum ditentukan tanggal pelaksanaannya itu harus digelar secepatnya karena konsolidasi se-Jateng harus selesai Desember 2013," ujarnya.

Ia mengatakan, sebelum digelar musda akan dilakukan seleksi calon ketua DPD Partai Demokrat Jateng yang pendaftarannya telah dibuka.

"Calon yang maju harus memenuhi sejumlah persyaratan diantaranya memperoleh dukungan sepuluh persen atau empat dari 35 DPC kabupaten/kota yang ada di provinsi setempat," katanya.

Pewarta: Wisnu Adhi N
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar