Beijing (ANTARA) - China akan berupaya meningkatkan pendidikan dasarnya dan mengembangkan kualitas pendidikan dasar secara keseluruhan, sehingga anak-anak usia sekolah dapat menikmati akses yang lebih adil dalam mendapatkan sumber daya pendidikan, demikian disampaikan Menteri Pendidikan China Huai Jinpeng pada Sabtu (9/3).

Untuk meningkatkan pendidikan dasar, China akan lebih mengoptimalkan tata letak sekolah-sekolah, sehingga memastikan alokasi sumber daya pendidikan yang rasional antara daerah perkotaan dan pedesaan, serta memperbaiki kondisi sekolah-sekolah asrama di daerah pedesaan dan juga sekolah-sekolah kurang mampu di kota besar dan kecil, kata Huai dalam sebuah konferensi pers yang diadakan di sela-sela sesi pertemuan badan legislatif nasional yang sedang berlangsung.

Kondisi dan kemampuan sekolah-sekolah kurang mampu di China tengah dan barat akan ditingkatkan, ujar Huai. Dia menambahkan bahwa negara tersebut akan makin mempercepat upaya dalam mempersempit kesenjangan kualitas pendidikan antarsekolah maupun antara sekolah-sekolah di berbagai daerah.

Kualitas pendidikan juga akan ditingkatkan guna mendorong perkembangan siswa secara menyeluruh, dan China akan makin memperkuat kompetensi para guru, lanjut Huai.

China memiliki sistem pendidikan dasar terbesar di dunia, dengan 487.900 sekolah dasar dan menengah serta taman kanak-kanak, papar Huai. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024