Kami upayakan tidak ada listrik yang padam selama periode Ramadhan hingga Idul Fitri nanti. Masyarakat harus menjalankan ibadah tanpa ada gangguan kelistrikan, kumpul keluarga pun jadi tentram dan hangat
Ambon (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), menyiagakan 1.250 personel di 198 posko yang tersebar di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Pasokan listrik di wilayah Maluku dan Maluku Utara diupayakan akan selalu aman dan andal selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1445 H, kata General Manager PT PLN (Persero) UIW MMU), Awat Tuhuloula, di Ambon, Minggu.

Ribuan personel yang menghadirkan listrik berkualitas itu mengamankan 35 lokasi strategis di wilayah kerja PLN UIW MMU.

"Kami upayakan tidak ada listrik yang padam selama periode Ramadhan hingga Idul Fitri nanti. Masyarakat harus menjalankan ibadah tanpa ada gangguan kelistrikan, kumpul keluarga pun jadi tentram dan hangat," kata Awat.

Untuk itu, tak hanya personel yang disiagakan, melainkan juga sistem pembangkit, transmisi hingga peralatan pendukung semuanya harus dalam keadaan andal.

Awat menginstruksikan agar seluruh personel yang ditempatkan di titik krusial dapat bersinergi dengan berbagai pihak di lapangan dengan baik.

"Hadirkan pelayanan yang prima di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Awat menyatakan, dalam memberikan pelayanan terbaik selama periode siaga pihaknya juga menyiapkan peralatan kelistrikan pendukung, seperti Uninterruptible Power Supply (UPS), Unit Gardu Bergerak (UGB), Generator Set (Genset), dan crane.

Total keseluruhan peralatan sebanyak 97 unit; kendaraan sebanyak 225 unit, serta material cadangan gangguan.

Pengguna kendaraan listrik juga tak perlu khawatir. Terdapat setidaknya lima unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di lima titik wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Awat juga mengimbau masyarakat untuk menyampaikan laporan terkait gangguan kelistrikan melalui aplikasi PLN. Aplikasi ini menjawab semua keperluan kelistrikan pelanggan dalam satu genggaman.

Petugas akan bergerak cepat sesuai titik laporan. Tak hanya itu, masyarakat juga bisa melakukan pembayaran tagihan listrik, dan layanan lainnya melalui aplikasi.

Baca juga: PLN UIW MMU melistriki 1.030 desa di Maluku dan Maluku Utara

Baca juga: PLN UIW MMU target menghadirkan listrik 50 desa di Maluku pada 2024

Baca juga: PLN UIW MMU mobilisasi tim PDKT tingkatkan keandalan jaringan listrik

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024