Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa menarik yang berkaitan dengan politik nasional dan pemilu terjadi di sepanjang Minggu (10/3). Dari mulai Golkar bantah rebut kursi Ketua DPR hingga hasil rekapitulasi suara di Bali.

Berikut rangkuman berita menarik yang telah dipilih Antara.

1.Airlangga sebut tak ada skenario Golkar rebut kursi Ketua DPR

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa tidak ada skenario partai-nya untuk merebut kursi Ketua DPR RI mendatang karena partai tersebut berkomitmen mengikuti mekanisme yang ada.

"Partai Golkar tidak pernah merebut (kursi Ketua DPR). Kita ikut mekanisme yang ada, ya, dan tidak ada skenario (merebut kursi Ketua DPR)," ucap Airlangga saat konferensi pers usai rapat pleno bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan kader Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Minggu.

Baca di sini

2. Prabowo-Gibran unggul dengan perolehan 641.388 suara di Kepri

Tanjungpinang (ANTARA) - Pasangan calon Presiden-Wakil Presiden RI nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dengan perolehan 641.388 suara di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Perolehan itu berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara dari tujuh kabupaten/kota se-Kepri yang dilakukan KPU setempat.

"Untuk pemilihan Presiden-Wakil Presiden RI, pasangan calon 02 unggul, diikuti pasangan calon 01 dan 03," kata Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi di Tanjungpinang, Minggu.

Baca di sini


3.Airlangga enggan tanggapi soal kembali "nyalon" jadi Ketum Golkar

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto enggan menanggapi pertanyaan terkait pencalonan dirinya sebagai ketua umum partai berlambang pohon beringin itu pada Munas Desember 2024.

“Jadwal munas nanti di bulan Desember,” ucap Airlangga singkat menutup konferensi pers usai rapat pleno bersama Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan kader Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Minggu.

Baca di sini


4.Peneliti: Warga lokal antusias terlibat perencanaan pembangunan IKN

Nusantara (ANTARA) - Peneliti dari Center for Sustainable Infrastructure Development (CSID) Universitas Indonesia Dr. Mustika Sari mengatakan warga lokal memiliki antusias tinggi untuk terlibat langsung dalam perencanaan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Saat Otorita IKN mengajak masyarakat lokal terlibat merencanakan pembangunan Nusantara pada tanggal 5—7 Maret di Desa Argo Mulyo, kawasan IKN, masyarakat dengan cepat mengikuti metode foresight dalam diskusi tersebut," ujar Mustika di Nusantara, Minggu.

Baca di sini


5. KPU sahkan rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional untuk Bali


Denpasar (ANTARA) - Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengetok palu pertanda pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional untuk Provinsi Bali dinyatakan sah dan tanpa catatan kejadian khusus.

Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan ketika dihubungi di Denpasar, Minggu, menyampaikan hal itu sesuai target sebagaimana disiarkan langsung melalui kanal YouTube KPU RI.


Baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024