Jenewa (ANTARA News) - Para perunding nuklir Iran akan bertemu dengan para diplomat Amerika Serikat di sela pembicaraan dua hari di Jenewa yang dimulai pada Selasa, kata kantor berita IRNA mengutip utusan Iran.

Wakil Menteri Luar Negeri Iran Seyed Abbas Araqchi, yang akan mengepalai delegasi Iran selama putaran kedua pembicaraan, mengatakan, tim perunding Iran berencana untuk bertemu dengan delegasi dari negara-negara lain yang terlibat dalam perundingan internasional mengenai program nuklir Teheran.

Dia tidak mengatakan apakah pertemuan-pertemuan itu akan diadakan dalam format bilateral atau multilateral.

Rusia di antara enam negara mencoba untuk menemukan resolusi internasional untuk program nuklir kontroversial Republik Islam Iran, dengan delegasi lain dari Inggris, China, Prancis, Jerman dan Amerika Serikat. Delegasi Rusia ke Jenewa dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov.

Negara-negara Barat mencurigai Iran menggunakan program nuklirnya untuk mengembangkan senjata atom, klaim yang selalu dibantah oleh Iran.

Teheran bersikeras mereka membutuhkan teknologi atom untuk menghasilkan listrik, meskipun memiliki beberapa cadangan minyak dan gas terbesar di dunia.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, kepala perunding nuklir negara yang akan mengepalai delegasi Iran di babak pertama, sebelumnya bersumpah untuk membuktikan kepada masyarakat internasional bahwa program nuklir Teheran adalah "tidak untuk kepentingan apa pun kecuali damai."

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan pada akhir September bahwa negaranya akan menyusun rencana untuk memecahkan kebuntuan dalam pembicaraan nuklir sebelum pertemuan berikutnya dengan para mediator Kelompok Enam Iran.

Seorang diplomat Iran yang dekat dengan perundingan mengatakan Zarif bertemu dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton pada Senin untuk membahas proposal nuklir Teheran.

"Para pihak membahas rencana baru Iran yang akan membantu untuk memecahkan kebuntuan dalam pembicaraan. Rincian akan diumumkan kemudian," kata sumber.

Juru Bicara Ashton, Michael Mann, mengatakan pada Senin bahwa Uni Eropa mengharapkan pertemuan Selasa membuahkan hasil yang nyata.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013