Jakarta (ANTARA) - Jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun menggelar latihan tembak Kapal Angkatan Laut (Kal) Pelawan-1-4-67 yang sedang berpatroli di Perairan Pulau Petong, Batam, Kepulauan Riau, Jumat (8/3).

Berdasarkan siaran pers resmi TNI AL yang diterima di Jakarta, Senin, latihan tembak itu digelar guna meningkatkan kesiapan alutsista dan personel dalam menjalankan tugas di laut.

Latihan yang dipimpin oleh Komandan Kal Pelawan 1-4-67 Kapten Laut (P) Juli Prasongko ini diawali dengan beberapa simulasi, seperti peran tempur bahaya permukaan dan tempur bahaya udara serta latihan menembak menggunakan senapan laras panjang dan mesin.

Personel yang terlibat dalam latihan pun menggunakan Mitraliur 12,7. 99 mm dan AK 47 KAL Pelawan serta JPMG.

Mereka melakukan latihan dengan sasaran tembak drum bekas yang dihanyutkan dengan jarak tembak kurang lebih 250 yard (1 yard setara 0,9144 meter).

Latihan simulasi itu merupakan program pembinaan Komandan Lanal TBK Letkol Laut (P) Anro Casanova yang bertujuan meningkatkan kemampuan serta mengaplikasikan ilmu tempur yang telah dilatih.

Dengan kegiatan ini, jajaran TNI AL berharap seluruh personel dapat meningkatkan kemampuan dalam keterampilan menembak sehingga kemampuan individu dapat teruji dan layak untuk menjalankan tugas.

Baca juga: TNI AL gagalkan penyelundupan 70 kilogram sabu di Lampung
Baca juga: TNI AL gagalkan penyeludupan rokok ilegal di perairan Kepri

Pewarta: Walda Marison
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024