"Kami ingin ciptakan lingkungan lalu lintas aman dan tertib, apalagi sekarang bulan puasa,"
Penajam Paser Utara (ANTARA) -
Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan upaya menciptakan lingkungan lalu lintas lebih aman dan tertib bagi pengguna jalan di daerah yang dikenal dengan julukan Benuo Taka itu.
 
Operasi Keselamatan Mahakam 2024 dilakukan, menurut Kepala Satuan (Kasat).Lalu Lintas (Lantas) Polres Penajam Paser Utara Ajun Komisaris Polisi (AKP) Rhondy Hermawan di Penajam, Senin, diharapkan dapat menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan tertib bagi semua pengguna jalan.
 
"Kami ingin ciptakan lingkungan lalu lintas aman dan tertib, apalagi sekarang bulan puasa," tambahnya.
 
Masyarakat pengguna jalan diimbau untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas, menggunakan helm saat berkendara motor dan tidak menggunakan telepon selular saat berkendara.
 
Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas, karena dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas dan memastikan semua pengguna jalan merasa aman.
 
"Kesadaran pentingnya keselamatan dalam berlaku lintas bisa mengurangi terjadinya kecelakaan," ujarnya.
 
Sehingga petugas di lapangan fokus melakukan penertiban terhadap pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, lanjut dia, seperti tidak melanggar rambu lalu lintas, tidak menggunakan helm, melawan arus, menggunakan telepon selular saat berkendara dan lainnya.
 
Personel Polres Penajam Paser Utara juga memberikan edukasi atau pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi aturan lalu lintas untuk keselamatan bersama.
 
"Kami libatkan TNI, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya dalam operasi keselamatan Mahakam," katanya
 
Menumbuhkan kesadaran bagi wajib pajak kendaraan bermotor juga menjadi sasaran Polres Penajam Paser Utara, selain menciptakan kesadaran keselamatan berkendara di jalan, juga menumbuhkan kesadaran
 
"Polres Penajam Paser Utara komitmen terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat menyangkut keselamatan dan ketertiban lalu lintas," ujar Rhondy Hermawan.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024