Target tersebut karena setiap datangnya bulan suci Ramadhan selalu banyak pengunjung yang datang baik sendiri maupun bersama keluarga
Surabaya (ANTARA) -
Badan Pelaksana dan Pengelola (BPP) Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS) menargetkan satu juta jamaah atau pengunjung pada Ramadhan 1445 Hijriah.
 
Sekretaris BPP MAS Helmy M Noor di Surabaya, Senin, mengatakan target tersebut karena setiap datangnya bulan suci Ramadhan selalu banyak pengunjung yang datang baik sendiri maupun bersama keluarga di masjid seluas 22.300 meter persegi tersebut.
 
Selain itu, banyak kegiatan yang akan diselenggarakan di Masjid Al Akbar, di antaranya Ngaji Ngabuburit, takjil dan buka puasa gratis, kuliah subuh, tarawih, Tadarus Al Quran, Qiyamul Lail, Nuzulul Quran hingga lomba-lomba.
 
"Tidak lupa yang membuat Masjid Al Akbar Surabaya didatangi juga karena ada tempat menarik seperti Taman Asmaul Husna, Taman Peradaban, urban farming, menara 99 meter, edu park dan spor lainnya yang bisa membuat jamaah nyaman berkunjung di sini," ujarnya.
 
Pihaknya menyediakan fasilitas tersebut, untuk membuat pengunjung merasa nyaman, baik untuk beribadah maupun berwisata.

Baca juga: Menteri Kedutaan Jepang di Indonesia Kunjungi Masjid Al Akbar Surabaya
 
"Ibadahnya oke, iktikaf juga oke dan wisatanya oke, karena saat ini bonus demografi Indonesia ini banyak anak muda, kalau kami tidak menyesuaikan dengan zaman, maka tidak akan diperhatikan," katanya.

Hal tersebut, lanjutnya, juga sebagai upaya untuk meningkatkan syiar Agama Islam dengan mendekatkan diri di masjid.
 
"Kalau semua dipenuhi, pengunjung tidak akan bosan, mau ibadah bisa juga wisata, jadi tidak akan terasa kalau sudah waktunya berbuka, kami juga sudah memperbaharui air mancur dengan lampu-lampu yang bagus," tuturnya.
 
Tak hanya itu, kata dia, para jamaah juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah sepeda motor gratis pada kegiatan Ngaji Ngabuburit.
 
"Teknisnya nanti setiap yang ikut Ngaji Ngabuburit akan mendapat kupon, dan kupon itu akan diundi di akhir Ramadhan pada malam ke-27, jadi bisa dapat ilmu dan mendapat sepeda motor," katanya.
 
Oleh karena itu, pihaknya berharap agar masyarakat memanfaatkan momen Ramadhan dengan kegiatan yang positif di Masjid Al Akbar Surabaya.
 
"Saat puasa jangan hanya cuma nongkrong atau malah balap liar, tetapi bisa ikut ngaji, syukur-syukur dapat sepeda motor," ucap Helmy yang juga Humas MAS tersebut.

Baca juga: "Majelis Subuh GenZi" digagas takmir Masjid Al Akbar Surabaya
Baca juga: Masjid Al Akbar Surabaya dan ikhtiar "Masjid Ramah Generasi Z"

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024