Insyaallah malam ini sudah siap
Jakarta (ANTARA) - Masjid Agung At-Tin Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, siap menampung 12.000 jamaah Shalat Tarawih perdana pada Ramadhan 1445 Hijiriah, Senin malam.

"Insyaallah malam ini sudah siap untuk pelaksanaan Shalat Tarawih berjamaah," kata Kepala Bidang Peribadatan Masjid Agung At-Tin Karnali Syafldzili ketika dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Dia mengaku, Masjid Agung At-Tin baru nanti malam melaksanakan Shalat Tarawih karena mengacu hasil Sidang Isbat yang digelar Kementerian Agama, bahwa awal Ramadhan jatuh pada Selasa (12/3).

"Kami mengikuti pemerintah. Jadi, kami akan melaksanakan Shalat Tarawih berjamaah nanti malam," ujarnya.

Masjid Agung At-Tin dapat menampung sekitar 12.000 jamaah. Dengan rincian, 5.000 jamaah di lantai dasar, 4.000 jamaah di lantai atas dan 3.000 jamaah di lantai bawah (ground).

Baca juga: BAZNAS (BAZIS) DKI sediakan layanan hapus tato gratis selama Ramadhan

Menurut dia, Masjid Agung At-Tin melaksanakan Shalat Tarawih sebanyak 20 rakaat, yang ditutup dengan Shalat Witir tiga rakaat, sehingga totalnya sebanyak 23 rakaat.

"Namun, bagi mereka yang ingin melaksanakan shalat 11 rakaat saja, bisa dilakukan di lantai bawah. Setelah delapan rakaat, mereka bisa turun ke bawah untuk melanjutkan Shalat Witir. Sedangkan, di lantai dasar dan atas akan melanjutkan hingga 23 rakaat," kata Karnali.

Jumlah rakaat itu, tambah dia, sudah kembali ditetapkan sejak dua tahun terakhir karena saat pandemi COVID-19 dilakukan pengetatan, sehingga jumlah rakaatnya dikurangi menjadi 11 rakaat.

Selain itu, lahan parkir yang disediakan di Masjid Agung At-Tin sangat luas, sehingga masyarakat tak perlu khawatir tidak kebagian tempat parkir.

"Lahan parkir bisa mencapai ratusan kendaraan, baik mobil maupun motor. Kalau bus ada delapan tempat," ucapnya.

Baca juga: DKI sediakan daging dan makanan siap santap selama Ramadhan

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024