Tangerang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Tangerang meminta masyarakat agar tetap melakukan aktivitas fisik atau berolahraga ringan sehingga tubuh akan tetap fit meskipun sedang berpuasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni di Tangerang, Selasa, mengatakan olahraga ringan yang dapat dilakukan di antaranya berjalan kaki.

"Sebaiknya berolahraga satu atau dua jam sebelum waktu berbuka puasa, dan hindari berolahraga setelah makan karena berisiko menyebabkan gangguan pencernaan dan kram perut," kata Dini dalam keterangannya.

Baca juga: Musim pancaroba, pakar sarankan tetap latihan fisik saat puasa

Masyarakat juga disarankan mengonsumsi air mineral dengan sistem 2-4-2 yakni dua gelas air mineral saat berbuka, empat gelas air mineral saat malam menjelang tidur dan dua gelas air mineral saat sahur.

"Perbanyak konsumsi buah dan sayur ketika berbuka dan sahur karena buah dan sayur memiliki kandungan serat yang tinggi dan memberikan efek kenyang dan menurunkan risiko sembelit saat puasa," kata dia.

Baca juga: Tips aman berolahraga pada bulan puasa

Ia menambahkan bahwa mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh sangat penting agar tidak dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa. "Konsumsi juga makanan bergizi seimbang," katanya.

Dini berharap masyarakat Kota Tangerang dapat menjalankan ibadah puasa dengan maksimal tanpa ada hambatan.

Baca juga: Ahli Gizi UGM sarankan masyarakat tidak olahraga pagi saat berpuasa

"Jika masyarakat mengalami gangguan kesehatan, segera kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024