KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat....
Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya, Jawa Timur, mengoperasikan 54 kereta api jarak jauh (KAJJ) untuk melayani masyarakat selama masa angkutan lebaran untuk keberangkatan 31 Maret hingga 21 April 2024.
 
Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Surabaya, Selasa, mengatakan kereta tersebut terdiri atas 43 KAJJ reguler dan 11 KAJJ tambahan dengan total tempat duduk yang tersedia sebanyak 30.340 per hari.
 
Selain itu, kata dia, 11 KA tambahan  dioperasikan untuk perjalanan relasi favorit seperti Malang - Purwokerto, Surabaya - Jakarta, Surabaya - Yogyakarta, Surabaya - Banyuwangi, Surabaya - Bandung, dan lainnya.
 
“KAI menambah beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen lebaran. Hadirnya KA-KA tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Lebaran, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ujar Luqman Arif.
   
Rincian dari 11 KA tambahan selama periode lebaran 2024, yakni KA Sembrani Tambahan relasi Surabaya Pasarturi - Gambir, KA Sembrani Tambahan relasi Surabaya Pasarturi - Gambir, KA Kertajaya Tambahan relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, KA Mutiara Timur relasi Surabaya Pasarturi – Ketapang dan KA Pasundan Tambahan relasi Surabaya Pasarturi – Surabaya Gubeng – Kiaracondong.
 
Selanjutnya, KA Sancaka relasi Surabaya Gubeng – Yogyakarta, KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng - Malang, KA Arjuno Ekspres relasi Malang - Surabaya Gubeng, KA Gajayana Tambahan relasi Malang – Gambir, KA Malioboro Ekspres relasi Malang – Purwokerto serta KA Malabar (pagi) relasi Malang - Bandung.
 
Sementara itu pihaknya mencatat sebanyak 170.478 orang memesan tiket KA jarak jauh pada masa angkutan lebaran 2024 di Daop 8 Surabaya, hingga Selasa (12/3/2024) pukul 12.00 WIB.
 
Luqman menjelaskan, khusus untuk masa arus mudik lebaran yakni 31 Maret hingga 9 April atau H-10 sampai dengan H-1, tercatat 75.127 pelanggan yang akan menggunakan KA untuk perjalanan pada arus mudik lebaran.
 
"Untuk periode arus balik lebaran yakni 12 sampai 21 April 2024 atau H+1 sampai dengan H+10, tercatat sebanyak 78.450 tiket telah terjual. Data penjualan tiket ini tentunya masih akan terus mengalami peningkatan, selama penjualan tiket masih berlangsung," ucapnya.

Baca juga: Penumpang KA Siliwangi meningkat 25 persen sepekan jelang Ramadhan
 
Stasiun dengan keberangkatan terbanyak yakni ada di Stasiun Surabaya Gubeng yang mencapai 55.654 pelanggan, disusul Stasiun Surabaya Pasarturi 43.146 pelanggan, Stasiun Malang 24.202 pelanggan dan stasiun lain di wilayah Daop 8 Surabaya.
 
"KA favorit pada arus mudik angkutan lebaran keberangkatan dari Daop 8 Surabaya yakni KA Airlangga relasi Surabaya Pasar Turi - Pasarsenen (PP), KA Matarmaja relasi Malang - Pasarsenen (PP), KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong (PP) KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenenen (PP) dan KA Dharmawangsa relasi Surabaya Pasarturi - Pasarsenen(PP)," ujar Luqman.
 
Untuk informasi terkait KA tambahan dan penjualan tiket pada masa Angkutan Lebaran, lanjutnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun serta Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.
 
“KAI akan berusaha semaksimal mungkin dalam melayani pelanggan pada masa Angkutan Lebaran melalui perjalanan kereta api yang selamat, aman, dan nyaman,” tuturnya.

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024