Penghargaan ini merefleksikan semangat AP II dalam melayani penumpang pesawat
Jakarta (ANTARA) - Airport Council International (ACI), organisasi yang menaungi sekitar 1.950 bandara di 185 negara menganugerahi berbagai penghargaan kepada tiga bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II.

Tiga bandara AP II yang meraih penghargaan ACI Airport Service Quality (ASQ) Awards 2023, yakni Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Supadio (Pontianak) dan Bandara Depati Amir (Pangkalpinang). Pengumuman peraih penghargaan itu dilakukan ACI pada Minggu (10/3).

Vice President of Corporate Communication AP II Cin Asmoro dalam keterangan di Jakarta, Selasa mengatakan ketiga bandara AP II total meraih 10 penghargaan ACI ASQ Awards 2023.

"Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Bandara Supadio dan Bandara Depati Amir masing-masing meraih ACI ASQ Awards 2023 untuk kategori bandara terbaik di Asia Pasifik berdasarkan kapasitas dari masing-masing bandara. Kami sangat bangga atas pencapaian tiga bandara AP II yang meraih ACI ASQ Awards 2023 berdasarkan penilaian para penumpang pesawat," kata Cin.

ACI ASQ Awards merupakan program terdepan di industri aviasi dalam menilai customer experience yang didukung metodologi ketat dan ilmiah. ASQ memiliki pendekatan survei secara langsung kepada traveler di bandara, di mana survei tersebut menilai 30 indikator passenger experience.

Cin mengungkapkan bahwa pengembangan infrastruktur, pemanfaatan teknologi informasi (TI) serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci bagi bandara-bandara AP II untuk memiliki standar pelayanan tinggi.

"Penghargaan ini merefleksikan semangat AP II dalam melayani penumpang pesawat. Apresiasi dari ACI ini juga berkat kolaborasi yang baik di antara stakeholder bandara serta dukungan dari seluruh masyarakat," ujar Cin.

Adapun, penghargaan ACI ASQ Awards 2023 yang diberikan bagi Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, yakni ACI World Director General's Roll of Excellence, Best Airport of 2 to 5 Million Passenger in Asia, Easiest Airport Journey in Asia-Pacific, dan Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific.

Sementara itu, Bandara Supadio meraih ACI ASQ Awards 2023 untuk kategori Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific, Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific, Easiest Airport Journey in Asia-Pacific, dan Cleanest Airprot in Asia-Pacific.

Sedangkan, Bandara Depati Amir meraih penghargaan ACI ASQ Awards 2023 untuk kategori Best Airport under 2 Million Passengers in Asia-Pacific dan Cleanest Airport in Asia-Pacific.

Baca juga: AP II-pemangku kepentingan penerbangan dukung pertumbuhan pariwisata
Baca juga: AP II prediksi jumlah penumpang saat libur panjang capai 943.747 orang

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024