Beijing (ANTARA) - Pemerintah China berharap dan mendorong masyarakat China dan Amerika Serikat untuk melakukan lebih banyak kunjungan, kontak, dan pertukaran, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin pada Senin (11/3).

Dengan demikian, lanjut Wang Webin, maka masyarakat kedua negara dapat bersama-sama menuliskan kisah baru persahabatan antara kedua bangsa di era baru.

Hal tersebut disampaikan Wang dalam konferensi pers rutin ketika diminta mengomentari surat terbuka yang dikirim oleh London N. Breed, Wali Kota San Francisco, Negara Bagian California, bersama dengan para pemimpin dari berbagai sektor untuk Presiden China Xi Jinping.

Surat tersebut merefleksikan pidato Xi saat jamuan makan malam penyambutan yang diadakan oleh organisasi-organisasi persahabatan di AS pada November tahun lalu, yang berfokus pada fondasi antarmasyarakat dari hubungan bilateral AS-China.

Dalam surat tersebut disampaikan bahwa San Francisco dapat memberikan pijakan yang unik dan signifikan untuk hubungan antarmasyarakat China-AS, menyatakan dukungan untuk persahabatan yang lebih erat antara kedua negara dengan dasar hubungan antarmasyarakat, dan siap untuk menyambut kehadiran panda-panda raksasa China di Kebun Binatang San Francisco.

Wang mengingatkan pada November tahun lalu, Presiden Xi Jinping dan Presiden AS Joe Biden melangsungkan pertemuan di San Francisco, dan mencapai sejumlah kesepahaman bersama dalam meningkatkan hubungan bilateral, mendorong visi San Francisco, serta memetakan arah untuk pengembangan hubungan China-AS yang stabil, sehat, dan berkelanjutan.

"Presiden Xi mengungkapkan bahwa harapan dalam hubungan China-AS berada di tangan rakyat kedua negara, fondasinya bergantung pada masyarakat, masa depannya bergantung pada kaum muda, dan vitalitasnya berasal dari pertukaran di tingkat daerah," lanjut Wang.  

Wang menambahkan, "Kami berharap dan mendorong rakyat kedua negara untuk lebih banyak melakukan kunjungan, kontak, dan pertukaran, dan bersama-sama menulis kisah-kisah baru tentang persahabatan antara kedua bangsa dan kerja sama antara kedua negara di era baru."

Menyoroti bahwa panda raksasa berperan sebagai duta persahabatan antara masyarakat China dan AS, Wang mengatakan bahwa China siap untuk terus melakukan kerja sama konservasi panda raksasa dengan AS guna meningkatkan persahabatan dan saling pengertian di antara kedua bangsa.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024