Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terbuka terhadap investor yang masuk....
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) memberikan dukungan terhadap kerja sama antara PT Tiskindo Borneo Indonesia bekerjasama dengan Perusahaan Danong (China) yang bergerak di bidang sains teknologi pertanian untuk mengembangkan ketahanan pangan di Kalbar.

"PT Tiskindo Borneo ini berlokasi di Parit H Hasan, Desa Sungai Nipah, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah. Dengan adanya kerja sama ini, Provinsi Kalimantan Barat menjadi salah satu yang pertama dalam kerja sama bersama PT Danong yang berasal dari Republik Rakyat China (RRC)," kata Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar Mohammad Bari, saat menghadiri peluncuran Proyek Ketahanan Pangan dari kerja sama kedua perusahaan tersebut, Selasa.

Menurutnya, kerja sama tersebut merupakan salah satu upaya dari peningkatan produksi pangan, mencakup pengadaan bibit unggul, teknologi pertanian yang dipusatkan pada hari ini di Desa Sungai Nipah, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah.

Tidak hanya itu, Bari juga berharap dengan hasil kerja sama ini dapat meningkatkan hasil panen dari tanaman pangan yang salah satunya padi serta ekonomi masyarakat setempat khususnya yang bekerja sebagai petani.

"Kita berharap tujuan dari kerja sama ini tentu pada peningkatan produktivitasnya, dan mudah-mudahan dari ini merupakan pintu awal untuk membuka kerja sama yang lain. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terbuka terhadap investor yang masuk akan menanamkan investasinya di Kalimantan Barat yang tentunya akan mempunyai multiplier effeck yang baik bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya lagi.

Saat ini di sektor pertanian Kalbar masih memiliki banyak lahan yang bisa digarap, kemudian agar lahan itu tidak tidur akan dimanfaatkan salah satu perusahaan yaitu PT Tiskindo Borneo Indonesia.

"Kita berharap dengan kerja sama ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian dan segala hal yang terkait dengan kesejahteraan petani serta pertumbuhan ekonomi di pedesaan," kata Bari.

Ketua Perusahaan Danong Wang Zhihua menyampaikan bahwa perusahaan Danong berkomitmen untuk bekerjasama erat dengan Kalbar dalam bidang pertanian serta memperkuat hubungan antara kedua belah pihak di sektor pertanian.

"Pertanian adalah salah satu aset pertanian dari ekonomi kedua negara di mana kerja sama dan pertukaran informasi serta teknologi menjadi kuat untuk mendorong kemajuan di bidang pertanian kedua negara. Melalui kerja sama yang erat kita akan saling melengkapi dalam sumber daya serta mendorong pertukaran teknologi dan pengalaman di bidang pertanian," kata Wang.
Baca juga: Kementan: Kalbar harus siap hadapi transformasi pertanian dampak IKN
Baca juga: Kalbar tingkatkan produksi pertanian dengan intensifikasi lahan tidur

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024