Pontianak (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson menekankan penjabat bupati harus dapat menjalankan isu-isu strategis yang menjadi fokus pemerintah pusat di daerah.

"Seorang penjabat bupati harus mampu mengemban tanggung jawab dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah pusat di tingkat daerah," kata Harisson saat melantik Sekretaris Daerah Kabupaten Mempawah Ismail sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Mempawah, di Pontianak, Selasa.

Harisson mengingatkan bahwa isu-isu strategis seperti pengendalian inflasi, penanganan dampak El Nino, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan investasi harus menjadi prioritas dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Baca juga: Kalbar tingkatkan kolaborasi dan inovasi dalam pelayanan publik

"Saya sebagai wakil pemerintah pusat di daerah ingin menekankan pentingnya memperhatikan dan menindaklanjuti isu-isu strategis yang menjadi perhatian Presiden RI. Penjabat bupati harus peka terhadap isu-isu tersebut dan berperan aktif dalam menjalankan langkah-langkah penyelesaiannya di tingkat kabupaten," tuturnya.

Harisson menyampaikan bahwa tugas dan tanggung jawab Penjabat Bupati Mempawah tidak kalah dengan seorang bupati definitif. Penjabat bupati diharapkan dapat memimpin dengan baik dalam hal penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan hingga dilantiknya bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pemilu Kepala Daerah Tahun 2024.

Baca juga: Kalbar cegah inflasi dari hulu ke hilir

"Saya percaya bahwa Penjabat Bupati Mempawah yang baru dilantik akan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik dan mendukung agenda-agenda strategis pemerintah pusat," katanya.

Dalam menghadapi tantangan dan agenda strategis pemerintah pusat, Harisson juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta dukungan dari seluruh jajaran pemerintahan daerah.

"Sinergi antarinstansi dan kerja sama yang baik antarwilayah akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjalankan isu-isu strategis yang diamanahkan oleh pemerintah pusat," katanya.

Baca juga: Kalbar siapkan tenaga kerja mampu bersaing di tingkat internasional

Dengan adanya penekanan ini, kata dia, diharapkan Penjabat Bupati Mempawah dapat menjadi garda terdepan dalam mengimplementasikan kebijakan dan program-program strategis yang menjadi prioritas nasional, sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mempawah serta Provinsi Kalimantan Barat secara keseluruhan.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024