Kami melihat B Corp dapat meningkatkan kepedulian pihak swasta dalam pencapaian SDGs
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menilai sertifikasi B Corporation (B Corp) merupakan salah satu bukti komitmen puluhan perusahaan di Indonesia dalam mengimplementasikan dan mewujudkan atau mencapai target Sustainable Development Goals (SDG).

“Sertifikasi B Corp juga meningkatkan persaingan yang lebih tinggi di pasar global, yang akan membawa keuntungan bagi perusahaan dan pemerintah,” ujar Koordinator BUMN Direktorat Jasa Keuangan dan BUMN Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Rosy Wediawaty  dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Misalnya, tutur dia melanjutkan, dengan meningkatkan daya saing ekspor dan peningkatan kualitas produk Indonesia melalui operasional bisnis yang bertanggung jawab.

Sertifikasi B Corp merupakan sertifikasi global bagi organisasi atau perusahaan yang memiliki standard tinggi dalam menjalankan usahanya baik dari aspek sosial, lingkungan dan ketenagakerjaan, serta telah menerapkan transparansi publik dan memiliki akuntabilitas yang baik dalam menyeimbangkan laba dan tujuan sosial.

Oleh karena itu, Rosy menilai bahwa sertifikasi ini memberi dampak terhadap aspek lingkungan, pemerintahan, pekerja, konsumen serta komunitas.

Baca juga: Bappenas menyerap aspirasi masyarakat mengenai ekonomi hijau

Baca juga: Bappenas: Pembangunan selama 2025-2029 peluang wujudkan Indonesia Emas


“Kami melihat B Corp dapat meningkatkan kepedulian pihak swasta dalam pencapaian SDGs,” kata Rosy.

Sertifikasi B Corp dikeluarkan oleh B Lab, sebuah organisasi nirlaba global dari Amerika Serikat. Sampai hari ini, sudah lebih dari 8.250 perusahaan berhasil mendapatkan sertifikasi ini di seluruh dunia.

Perusahaan-perusahaan ini tersebar di lebih dari 96 negara dan bergerak di 162 bidang industri yang berbeda. Komunitas B Corp telah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan dari tahun ke tahun, jumlah komunitas B Corp di ASEAN meningkat dua kali lipat dari 27 perusahaan di tahun 2022 menjadi 51 perusahaan di tahun 2023.

Di Indonesia sendiri, sudah terdapat 23 perusahaan yang tersertifikasi B Corp dan diisi oleh nama-nama perusahaan besar yang terkenal memiliki visi untuk berkontribusi pada pembangunan Indonesia yang lebih berkelanjutan seperti: Danone Indonesia, PT DCI Indonesia, SukkhaCitta, Jejakin, serta Potato Head.

Sebagai salah satu perusahaan Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi B Corp sejak 2018, CEO Danone Indonesia Laurent Boissier mengatakan bahwa sertifikasi tersebut telah mendorong perusahaannya untuk melakukan berbagai inisiatif terkait tata kelola perusahaan, transparansi, keberlanjutan, dan kesejahteraan karyawan.

“Kami memegang visi besar untuk dapat membangun masa depan Indonesia yang lebih sehat dengan tetap bertanggung jawab terhadap keberlanjutan lingkungan,” kata dia.

Baca juga: Bappenas bantu implementasi teknologi AI di Bali

Baca juga: Bappenas paparkan kunci kembangkan desa agar maju selaras dengan kota

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024