Taiyuan (ANTARA) - Sebuah kuil Buddhis yang berasal dari era Dinasti Wei Utara (386-534) telah ditemukan di Distrik Pingcheng di Kota Datong, Provinsi Shanxi, China utara.

Diyakini sebagai kuil resmi atau kuil kerajaan, kuil kuno itu terletak sekitar 300 meter dari reruntuhan istana Dinasti Wei Utara, dengan sebuah pagoda sebagai pusatnya, ungkap institut arkeologi provinsi tersebut.

Tim peneliti menemukan sebuah lubang persegi berisi mutiara, perhiasan koral, dan cincin kuningan di bagian tengah fondasi pagoda tersebut.

Lebih dari 200 patung Buddhis yang berada dalam kondisi baik juga ditemukan di dalam pagoda itu. Beberapa patung itu dicat sementara lainnya dilapisi dengan kertas emas tipis.

Pagoda itu diyakini dihiasi dengan lukisan mural seperti yang ditunjukkan oleh sisa-sisa temboknya yang mengelupas, ujar Li Shuyun, wakil kepala institut itu.

"Ini merupakan sisa-sisa fondasi pagoda dengan kondisi paling baik yang pernah ditemukan di Datong, yang memberikan bahan penelitian fisik penting untuk studi bentuk arsitektur pagoda Buddhis pada masa itu," ujar Li.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024