Tianjin (ANTARA) - Kapal pesiar Zuiderdam, yang dioperasikan oleh Holland America Line, berlabuh di Tianjin International Cruise Home Port di kota pelabuhan Tianjin, China utara, pada Senin (11/3) pagi waktu setempat, dengan membawa lebih dari 1.100 wisatawan asal 30 negara dan kawasan.

Ini menandai kunjungan perdana kapal pesiar dengan panjang 285 meter dan lebar 32 meter tersebut ke Tianjin. Zuiderdam akan singgah selama dua hari satu malam. Para penumpangnya akan bertamasya di kota Beijing, Tianjin, dan Xi'an.

Berkat serangkaian kebijakan layanan yang diterapkan oleh administrasi bea cukai setempat dan agensi kapal pesiar, kapal tersebut dapat berkunjung ke Tianjin. Bi Linlin, seorang petugas inspeksi imigrasi setempat, mengungkapkan bahwa mereka bekerja sama dengan pihak kapal pesiar dan perusahaan pelabuhan untuk merampingkan prosedur perizinan penumpang dan memenuhi kebutuhan wisatawan.

Sebagai pelabuhan persinggahan kapal pesiar terbesar di China utara, Tianjin International Cruise Home Port sejauh tahun ini telah menyambut 16 kapal pesiar dan menerima kunjungan 50.000 wisatawan, ujar Dong Zichen, wakil manajer umum Tianjin International Cruise Home Port Co., Ltd. "Kami cukup optimistis dengan pemulihan industri pariwisata kapal pesiar di Tianjin," kata Dong.

"Dengan kebijakan dukungan pemerintah dan permintaan masyarakat yang makin meningkat untuk wisata kapal pesiar, kami yakin industri wisata kapal pesiar akan berkembang pesat di China," ucap Jiao Deshuai, asisten manajer senior departemen perkapalan di Sinotrans North China Container Company, yang bergerak di bisnis agensi kapal pesiar. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024