Jakarta (ANTARA) - Yokohama F-Marinos yang diarsiteki Harry Kewell lolos ke semifinal Liga Champions Asia setelah menang 1-0 atas Shandong Taishan pada pertandingan leg kedua perempat final, Rabu.

  Berkat kemenangan tipis di Stadion Internasional Yokohama itu, Yokohama menggenggam keunggulan agregat 3-1, demikian catatan laman resmi AFC.

Klub Jepang itu menghadapi babak kedua yang berat, ketika Katsuya Nagato diusir keluar lapangan pada awal babak kedua. Saat itu kedudukan masih imbang 0-0.

  Namun Anderson Lopes mencetak gol pada menit ke-75 untuk menghapus rasa cemas timnya, dan membawa pasukan Kewell lolos ke semifinal Liga Champions Asia untuk pertama kalinya.

  Mereka akan bermain melawan klub Korea Selatan, Ulsan, pada bulan depan untuk memperebutkan tempat di final.

  Shandong juga menyelesaikan pertandingan ini dengan sepuluh pemain, setelah Gao Zhunyi diusir keluar lapangan pada menit ke-83.


Baca juga: Yokohama ungguli Shandong dalam perempat final Liga Champions Asia
  Pada pertandingan leg pertama di China pekan lalu, Yokohama memiliki keunggulan dua gol namun kemasukan pada menit ke-91 untuk membuat Shandong menjaga asa mereka lolos ke putaran berikutnya.

  Pencetak gol tersubur Shandong, Cryzan, tampil sebagai pemain pengganti pada leg pertama, namun ia dimainkan sejak awal pada leg kedua. Cryzan selalu menebar ancaman bagi pertahanan Yokohama, dan Yan Matheus perlu melakukan intervensi krusial untuk menggagalkan peluang sang penyerang pada babak pertama.

  Yokohama terpaksa melakukan sedikit perubahan sebelum turun minum akibat Matheus mengalami cedera dan harus ditandu keluar lapangan.

  Tuan rumah kemudian harus bermain dengan sepuluh pemain, ketika Nagato mendapatkan kartu kuning keduanya akibat pelanggarannya terhadap Tong Lei.

  Unggul jumlah pemain membuat Shandong mulia lebih berani menekan, dan Li Yuanyi semestinya dapat memaksimalkan peluang saat melepaskan tembakan ke atas mistar gawang Yokohama setelah kiper William Popp tidak mampu menahannya.

  Gol Lopes lantas menjadi penyelamat Yokohama yang tercipta pada 15 menit sebelum waktu normal usai. Sepakan volinya memanfaatkan umpan silang Riku Yamane melesak masuk ke gawang tim tamu.

  Ulsan mengalahkan tim Korsel lainnya, Jonbuk, dengan skor 1-0 pada leg kedua perempat final yang dimainkan pada Selasa. Kemenangan itu membuat Ulsan menang agregat 2-1.


Baca juga: Kewell pimpin Yokohama capai perempat final Liga Champions Asia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024