Kami memproyeksikan Ramadhan tahun ini banyak warga binaan yang menjadi penghafal serta menamatkan Al Quran
Padang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Barat (Sumbar) membuka akses yang luas bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) baik itu narapidana maupun tahanan untuk melangsungkan ibadah malam pada bulan Ramadhan.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar Haris Sukamto mengatakan akses tersebut diberikan kepada seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan) hingga Cabang Rutan yang ada di daerah Sumbar.

"Pemberian akses melangsungkan ibadah malam ini sejatinya merupakan bagian dari pembinaan rohani yang diberikan kepada WBP Islam" kata Haris di Padang, Rabu.

Ia mengatakan hingga hari kedua puasa Ramadhan 2024 versi Pemerintah ibadah malam telah mulai dilaksanakan di masing-masing Lapas dan berjalan kondusif.

Ibadah malam tersebut yakni Shalat Tarawih berjemaah, Witir, ceramah agama, hingga pembacaan ayat suci Al Quran.

Baca juga: Seorang warga binaan Lapas Batulicin masuk Islam di bulan Ramadhan
Baca juga: Ratusan anak di lapas Palembang ikuti pesantren kilat Ramadhan


Ia menargetkan seluruh Lapas, Rutan, hingga Cabrutan bisa melahirkan penghafal Al Quran serta khatam Al Quran sebanyak mungkin selama Ramadhan 2024.

"Kami memproyeksikan Ramadhan tahun ini banyak warga binaan yang menjadi penghafal serta menamatkan Al Quran, setelah Lebaran akan dibuatkan acara bagi Hafidz dan pengkhatam Al-Quran," jelasnya.

Haris Sukamto selaku pimpinan dari seluruh UPT Pemasyarakatan yang ada di wilayah Sumbar juga mengatakan dirinya akan menggelar safari Ramadhan untuk meninjau pelaksanaan secara langsung.

Bersamaan dengan itu Kemenkumham Sumbar juga mengizinkan layanan penitipan menu berbuka puasa ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau Rumah Tahanan Negara (Rutan) yang ada di provinsi setempat selama Ramadhan.

Akses tersebut sengaja dibuka pihaknya agar keluarga para narapidana atau tahanan bisa mengantarkan makanan atau minuman.

Ia mengatakan pada hari biasa layanan penitipan barang serta kunjungan dibuka dari pukul 13.00 hingga pukul 15.00 WIB, sedangkan selama Ramadhan jam layanan diperpanjang hingga pukul 17.00 WIB.

Pada sisi lain, ia tetap mengingatkan kepada petugas di Lapas atau Rutan agar tetap meningkatkan kewaspadaan demi menjaga keamanan dan ketertiban.

Baca juga: Lapas Banceuy adakan program "Kamar Santri" selama Ramadhan
Baca juga: Narapidana Sumsel mendapat makanan tambahan selama Ramadhan
Baca juga: Lapas Kendari beri pembinaan kerohanian narapidana selama Ramadhan

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024