Jakarta (ANTARA) - PT Finex Bisnis Solusi Futures (Finex), perusahaan pialang berjangka resmi, telah berhasil meraih predikat A+++ atau "sangat baik" dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) karena kinerja perusahaan selama 2023.

Direktur Utama Finex Agung Wisnuaji mengatakan, predikat A+++ itu menjadi salah satu bentuk pengakuan dari otoritas bahwa Finex merupakan pialang resmi Indonesia yang aman dan terpercaya.

"Tentunya dengan predikat ini, Finex akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan layanan kami untuk para traders Indonesia," kata Agung di Jakarta, Rabu.

Menurut Agung, adanya sistem penilaian (rating), masyarakat lebih mudah memilih pialang berjangka yang memang legal dan mempunyai reputasi yang baik.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, Finex merupakan salah satu dari enam pialang berjangka Indonesia yang memperoleh peringkat A+++.

Sebagai informasi, ada tiga indikator yang digunakan dalam penilaian pialang berjangka.

Pertama, kinerja pialang berjangka dengan nilai total 70 persen yang meliputi lima aspek, yaitu hasil pengawasan laporan kegiatan, hasil pengawasan integritas keuangan pialang berjangka, hasil pengawasan transaksi pialang berjangka, penanganan pengaduan nasabah, dan implementasi Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU PPT).

Indikator kedua adalah penilaian masyarakat dengan total nilai 30 persen. Penilaian dilakukan dengan penyebaran kuesioner survei oleh Bappebti kepada nasabah melalui kontak dari data sistem pengaduan daring yang dikelola Biro Peraturan Perundang-Undangan dan Penindakan, serta data nasabah yang melakukan konsultasi melalui Layanan Informasi (LINI) Bappebti.

Kemudian, Indikator ketiga adalah nilai pengurang dengan total nilai maksimal 30 persen. Nilai itu akan mengurangi total nilai kinerja perusahaan dari hasil penilaian masyarakat.

Agung menjelaskan, nilai pengurang tersebut bertujuan untuk memfasilitasi adanya aspek yang belum tercakup dalam kinerja pialang berjangka berdasarkan hasil pengawasan Bappebti.

"Dengan adanya sistem rating dari Bappebti ini, saya harap masyarakat akan jadi lebih mudah memilih pialang berjangka yang aman dan terpercaya, serta dapat mengurangi kasus-kasus penipuan yang dilakukan oleh oknum pialang ilegal ke depannya," pungkasnya.


Baca juga: Finex catat lonjakan volume transaksi 93 persen Januari-November 2023

Baca juga: Aplikasi Baru Finex Trading: Kemudahan Trading di Ujung Jari Anda

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024