Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Harry Witjaksono meminta calon Kapolri, Komjen Sutarman, untuk menerapkan pola hidup sederhana dan sering blusukan (turun langsung) ke daerah-daerah.

"Saya meminta calon Kapolri bila terpilih untuk hidup sederhana seperti bawahan anda," kata Harry saat uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Politisi Partai Demokrat itu juga meminta kepada Sutarman untuk melakukan aksi blusukan ke daerah-daerah guna melihat keadaan kepolisian di daerah dan juga mengetahui bagaimana nasib bawahan.

"Anda perlu turun ke bawah, blusukan, tanpa pengawalan, kalau perlu seperti rakyat biasa, kunjungi asrama-asrama polisi, lihat bagaimana kinerja polisi sesungguhnya dilapangan," saran Harry.

Anggota Komisi III DPR RI lainnya, Pasek Suardika, meminta calon Kapolri untuk berani mencegah mafia-mafia yang selalu memanfaatkan dan memaksakan Polri. Pasek mencontohkan, adanya kasus pidana di Nusa Tenggara Barat tapi disidangkan di PN Jakarta Selatan karena pesanan mafia.

"Bagaimana cara anda mencegah mafia-mafia yang memaksakan sebuah kasus. Mafia-mafia itu sudah mengatur dan mempengaruhi bawahan anda," kata Pasek.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013