Kolaborasi ini menegaskan komitmen ORICA terhadap pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Penyedia solusi pertambangan dan infrastruktur ORICA bekerja sama dengan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) melakukan pelestarian habitat orangutan dan memberdayakan masyarakat secara berkelanjutan.

“Dengan penuh sukacita kami sampaikan bahwa proyek luar biasa ini semakin mendukung upaya menjaga ekosistem hutan hujan Indonesia, memastikan habitat berkelanjutan bagi orangutan dan satwa liar lainnya untuk memberikan dukungan bagi generasi mendatang,” kata Country Director ORICA Indonesia Damien Marik dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Damien menuturkan kerja sama yang terjalin merupakan bentuk dukungan terhadap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam Alam untuk kegiatan pelestarian orangutan dan habitatnya. Melalui Orica Impact Fund (OIF), Orica mendukung perbaikan dan peningkatan pusat rehabilitasi orangutan Samboja Lestari.

Kerja sama itu diresmikan pada 5 Maret 2024, di fasilitas BOSF di Samboja Lestari, yang terletak di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Orica dan BOSF memulai perjalanan kolaboratif dengan visi bersama untuk membangun masa depan berkelanjutan.

Menurutnya, dukungan yang pihaknya berikan ditujukan untuk rehabilitasi dan peningkatan Pusat Rehabilitasi Orangutan Samboja Lestari yang berupa perbaikan fasilitas klinik dan pembangunan kandang rawat baru untuk orangutan dan beruang madu yang sakit.

Kandang-kandang rawat tersebut disesuaikan untuk mengakomodasi perilaku yang unik dari setiap spesies, dengan lantai yang ditinggikan untuk orangutan yang lebih banyak menghabiskan waktunya di atas pohon sebagai satwa arboreal, dan lantai rata tanah untuk beruang madu yang walau pandai memanjat, lebih menyukai bergerak di permukaan tanah.

Dukungan lainnya adalah pengadaan kendaraan bak terbuka yang dimanfaatkan untuk mengangkut pakan buah bagi 75 beruang madu yang direhabilitasi di suaka beruang madu di kawasan Samboja Lestari.

Dukungan logistik ini untuk memastikan kesejahteraan dan kecukupan pakan, serta memenuhi kebutuhan fisik dan perilaku para beruang madu.

ORICA juga memberikan prioritas pada pelaksanaan program rehabilitasi lahan dan penghijauan hutan kembali di area seluas lima hektare untuk mengembalikan ekosistem lokal dengan menanam berbagai jenis pohon dan buah-buahan endemik, demi melestarikan keanekaragaman hayati.

“Kolaborasi ini menegaskan komitmen ORICA terhadap pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Melalui kemitraan dengan BOSF, ORICA memberikan kontribusi yang berarti dan berkelanjutan terhadap upaya konservasi yang menegaskan komitmen kuat bagi pelestarian warisan alam Indonesia,” kata dia.

Manajer Regional Kalimantan Timur untuk BOSF Dr. Aldrianto Priadjati mengapresiasi dukungan ORICA sambil berharap kerja sama itu dapat memungkinkan pihaknya untuk meningkatkan fasilitas rehabilitasi, memperluas upaya konservasi, dan pada akhirnya, memastikan masa depan yang lebih cerah bagi konservasi satwa di Kalimantan.

Baca juga: KLHK: Kelahiran dua orang utan di Kalbar harapan upaya pelestarian
Baca juga: Dua orangutan di Kalbar dilepasliarkan ke hutan setelah direhabilitasi


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024