Seoul, Korsel (ANTARA) - Korea Utara meluncurkan tank tempur baru selama latihan militer, menurut laporan media pemerintah setempat Kamis, di tengah latihan militer gabungan yang sedang berlangsung antara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengemudikan tank barunya sendiri selama "latih tanding" antar unit tank pada hari Rabu, dalam upaya untuk meninjau kemampuan tempur sebenarnya pasukan tank, menurut Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

Kim Joung-un yang menyebutnya sebagai “tank paling kuat di dunia,” kepuasannya atas kekuatan serangan dan kemampuan manuvernya,

“Dia menyatakan kepuasan yang besar atas fakta bahwa tank tempur utama tipe baru berhasil menunjukkan kekuatan serangan dan kemampuan manuver yang sangat baik, menunjukkan kinerja militan yang luar biasa untuk pertama kalinya dalam pertandingan tankmen,” demikian laporan KCNA.

Kim menetapkan tugas-tugas penting dalam menyelesaikan persiapan perang, sambil menekankan perlunya menyelenggarakan latihan intensif yang menyimulasikan perang sebenarnya, serta latih tanding.

Inspeksi Kim dilakukan ketika Seoul dan Washington mengadakan latihan tahunan Freedom Shield untuk memperkuat pencegahan terhadap ancaman nuklir dan rudal Korea Utara. Latihan 11 hari ini akan berakhir pada hari ini.

Pyongyang telah lama mengecam latihan militer gabungan antara Seoul dan Washington sebagai latihan invasi dan menggunakannya sebagai dalih untuk melakukan provokasi. Sekutu mengatakan latihan militer mereka bersifat defensif.

Sumber: Yonhap

Baca juga: Kim Jong Un pantau uji coba rudal darat-ke-laut terbaru
Baca juga: Jepang cermati pernyataan adik Kim Jong-un soal hubungan kedua negara
Baca juga: Kim Jong Un tekankan pentingnya perkuat AL untuk persiapan perang

Penerjemah: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024