Kupang (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyebut Program Sekolah Enuma memberikan kontribusi dalam peningkatan capaian literasi dan numerasi di kabupaten itu.

"Saya merasakan langsung peningkatan literasi dan numerasi di Kabupaten Nagekeo, dan Sekolah Enuma memberikan kontribusi yang sangat baik bagi capaian ini," kata Kepala Disdik Kabupaten Nagekeo Venantius Minggu dalam keterangan resmi yang diterima di Kupang, Kamis.

Program Sekolah Enuma merupakan program kolaborasi kemitraan strategis antara Pemerintah Kabupaten Nagekeo, Plan Indonesia, The Head Foundation, dan Sekolah Enuma.

Sekolah Enuma adalah aplikasi yang berisi permainan, buku, dan video yang mendukung anak usia lima hingga delapan tahun untuk belajar bahasa Indonesia, matematika, dan bahasa Inggris.

Baca juga: Aplikasi Sekolah Enuma tingkatkan kemampuan literasi dan numerasi anak

Venantinus mengatakan program itu memberikan kontribusi besar terhadap progres literasi dan numerasi Kabupaten Nagekeo.

Ia menjelaskan kemampuan literasi untuk sekolah dasar mencapai angka 60,88, melampaui target tahun 2023 sebesar 55,37 dan target tahun 2024 sebesar 58,00.

Sedangkan kemampuan numerasi mencapai angka 49,75 yang juga melampaui target tahun 2023 sebesar 40,24 dan target tahun 2024 ini sebesar 41,79.

"Saya melihat langsung antusiasme anak-anak menggunakan tablet dan aplikasi untuk menambah pengetahuan mereka yang mana metode dan program ini sejalan dengan kurikulum merdeka belajar yang saat ini kita gunakan," ucapnya.

Baca juga: Kemendikbudristek minta guru di Nagekeo susun modul literasi seni

Atas pencapaian program itu dalam meningkatkan kehadiran dan partisipasi peserta didik, Dinas Pendidikan Nagekeo telah mengalokasikan anggaran untuk mereplikasi program serupa di 10 hingga 15 sekolah lain.

Mitra strategis Pemerintah Kabupaten Nagekeo yakni Plan Indonesia pun menyambut baik hal tersebut.

Flores Programme Implementation Area Manager Zuniatmi mengatakan bahwa program itu menjadi upaya pemenuhan hak-hak anak dalam pendidikan.

Melalui program itu, ia berharap anak-anak Nagekeo khususnya di 13 sekolah dampingan mereka bisa meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi.

Baca juga: Pemkab Nagekeo perkuat literasi dasar berbasis bahasa daerah

"Suatu kebanggaan bagi kami karena program itu menjadi salah satu program yang berkontribusi baik bagi progres literasi dan numerasi di Nagekeo," kata dia.

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024